Guspardi Gaus Tegaskan: Relaaan Amanan Indonesia tidak Terkait dengan PAN

oleh -202 views
oleh
202 views
Gusaprdi Gaus tegas, Relawan Amanat Indonesia dukung Anies Baswedan tidak ada. kaitannya dengan PAN, Minggu 7)5-2023.(faj)

Jakarta,– Anggota DPR dari Fraksi PAN Guspardi Gaus menilai langkah dari kader PAN Sahrin Hamid membentuk relawan ‘Amanat Indonesia’ (ANIES) mendukung bakal calon presiden dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan tak ada kaitannya dengan PAN.

“Relawan Amanat Indonesia (ANIES) digagas Sahrin Hamid itu, tidak ada kaitannya dengan PAN. Yang namanya relawan kan tidak ada dalam struktur yang ada dalam relawan itu nggak ada kaitannya dengan struktur partai,”ujar  Guspardi Gaus Minggu 7/5-2023.

Diakuinya, sebenarnya PAN sudah mengisyaratkan untuk mendukung Ganjar Pranowo dan Erick Thohir saat Rakernas PAN di Semarang pada 26 Februari 2023 lalu.

Namun sampai saat ini DPP PAN memang belum memutuskan secara resmi tokoh yang akan diusung sebagai Capres dan Cawapres.

“Jadi masih wajar bila ada kader yang mempunyai pandangan yang berbeda antara satu sama lain di fase penjaringan kandidat Capres dan Cawapres,”ujar Politisi PAN itu

Legislator asal Sumatera Barat ini pun menegaskan bahwa semua kader akan tegak lurus dengan partai bila Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan sudah memutuskan nama tokoh yang diusung PAN sebagai Capres dan Cawapres secara resmi.

“Setelah ada keputusan resmi DPP atau Ketum PAN [Zuhhas] semua kader akan tunduk dan patuh pada keputusan yang sudah diambil,” tegas Pak Gaus ini.

Oleh karena itu, bila ada kader yang melakukan upaya-upaya penggalangan dukungan politik tertentu selama belum ada keputusan resmi, ya itu tidak bisa dihalangi.

“Barangkali itu sebagai bentuk ikhtiar dari mereka, dan kita tunggu saja lah keputusan DPP untuk calon yang akan diusung oleh PAN secara resmi,” pungkas Anggota Baleg DPR RI tersebut

Sebelumnya, Sahrin Hamid, mantan Ketua DPP PAN 2010-2015 memutuskan membentuk relawan ‘Amanat Indonesia’ (ANIES) untuk mendukung Anies. Relawan ini baru saja dideklarasikan di Istora Senayan Jakarta pada Minggu 7 Mei 2023. (faj)