Hadiri HUT TNI ke 77, Sutan Riska Bangga

oleh -38 views
Sutan Riska bersama Forkompida Dhamrasraya hadiri Upacara HUT TNI ke 77 fi Lapangan Imam Bonjol Padang, Rabu 5/10-2022. (minfo-dms)

Dharmasraya,— Kebanggaan Dhamrasraya kepada TNI jangan diragukan, bhakti TNI di Dharmadraya selama ini tercatat di tinta emas derap langkah pembangunan kabupaten tersebut, sehingganya pada HUT TNI ke 77 APBD Dharmasraya sudah anggarkan Rp 2 Miliar pembangunan Makodim Dharmasraya.

Pada HUT TNI ke 77, Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan, bersama Ketua DPRD Pariyanto, Dandim 0310/SSD, Letkol Andik Hendra Sandi, dan Kapolres Dharmasraya, AKBP Nurhadiansyah terlihat bangga dan gagah saat hadiri Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke 77 di Lapangan Imam Bonjol, Padang, Rabu 5/10-2022.

Meski sempat diguyur hujan, upacara berlangsung khitmad. Bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) Komandan Resort Militer (Danrem) 032/Wirabraja, Brigjen (TNI) Purmanto. HUT TNI kali ini mengusung tema “TNI adalah Kita”.

Brigjen (TNI) Purmanto membacakan amanat Panglima TNI menyampaikan, berdasarkan hasil beberapa lembaga survei, menunjukkan bahwa kepercayaan terhadap TNI tertinggi dari masyarakat.

Sebagai gambaran, Brigjen (TNI) Purmanto memaparkan hasil survey Lembaga Indikator Politik Indonesia (LIPI), di mana tingkat kepercayaan publik kepada TNI yakni sebesar 93,2 persen.

Sedangkan menurut Lembaga Survei Indonesia (LSI) sebesar 93 persen. Sementara, Lembaga Survei Centre for Strategic and International Studies (CSIS) merilis hasil survei kinerja TNI terhadap demokrasi sebesar 93.5 persen.

Ia juga menyampaikan imbauan Panglima TNI, kepada seluruh prajurit dan PNS TNI untuk selalu menjaga kepercayaan masyarakat tersebut, dengan bertindak dan berucap sesuai dengan tugas pokok TNI dalam melanjutkan tugas dan pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara Republik Indonesia.

Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerjaan, selepas mengikuti upacara, menyampaikan ucapan selamat Hari Ulang Tahun (HUT) ke 77 bagi lembaga dan seluruh keluarga besar Tentara Nasional Indonesia.

“Selamat HUT TNI ke 77, TNI adalah kita, kami bangga selalu dengan mu,”ujar Sutan Riska yang juga Katua Umum Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) dengan penuh semangat.

Tak lupa, Sutan Riska juga menyinggung kontribusi positif Korp Tri Matra ini dalam membangun bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), khususnya di Kabupaten Dharmasraya.

Menurutnya, TNI baik secara kelembagaan maupun personal, selama ini telah nunjukkan soliditas yang tinggi, serta berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Dharmasraya dalam upaya menghadirkan pelayanan terbaik di tengah tengah masyarakat.

Ia mengemukakan, sukses agenda-agenda pemerintah daerah tidak terlepas dari peran serta lembaga pertanahan Negara itu. Adapun agenda-agenda itu diantaranya, mobilisasi Bintara Pembina Desa (Babinsa) membantu petugas kesehatan untuk memberikan penyuluhan agar warga dengan suka rela ikut dalam Vaksinasi Covid-19.

Selain itu kata Sutan Riska, bersama Polri, TNI juga peran menghadirkan situasi kondusif sehingga mencipkan iklim berusaha yang baik, sehingga mendorong pertumbuhan dan stabilitas ekonomi di Kabuaten Dharmasraya.

Oleh karena itu, sebagai wujud kolaborasi yang baik, Sutan Riska mengaku, Pemerintah Kabupaten Dharmasraya juga mendukung kegiatan-kegiatan kemanuggalan TNI di tengah-tengah masyarakat.

“Alhamdulillah, kolaborasi kita dengan TNI, telah dapat membangun jalan usaha tani sepanjang 10 km, disertai dua jembatan sepanjang 18 meter dan pemasangan gorong-gorong sepanjang 12 meter pada kegiatan TMMD pada bulan Mei yang lalu”, ungkap Sutan Riska.

Sedangkan untuk mendukung percepatan berdirinya Markas Komado Distrik Militer (Makodim) Dharmasraya, Sutan Riska juga mengkonfirmasi telah mengalokasikan dana APBD Dharmasraya sebesar Rp. 2 Miliar, yang saat ini dalam tahap tender.

Makodim itu rencananya akan berdiri di atas tanah seluas 10 Hektare, di Nagari Koto Padang, Kecamatan Koto Baru, yang statusnya juga merupakan hibah aset pemerintah Kabupaten Dharmasraya.

“Saya berharap, di usia ke 77 tahun TNI, semoga kolaborasi yang baik ini tetap terjaga hendaknya ke depan,”ujar Sutan Riska.(yan)