Hanya Dihadiri Gubernur Sumbar, Dua Tokoh Pers Sumbar Terima PCNO

oleh -740 views
Basril Basyar dan Khairul Jasmi menerima Pers Card Number One dari Ketua PWI Pusat Margiono di Istana Wapres Jusuf Kalla, Jumat 28/4 di Jakarta
Basril Basyar dan Khairul Jasmi menerima Pers Card Number One dari Ketua PWI Pusat Margiono di Istana Wapres Jusuf Kalla, Jumat 28/4 di Jakarta. (Foto: khairul)

Jakarta,— Hanya Gubernur Sumbar Irwan Prayitno dari 34 Gubernur di Indonesia yang hadir pada penyerahan kartu pers nomor satu (Pers Card Number One) di Istana Wakil Presiden Jusuf Kalla, Jumat 28/4.

Dari sekian tokoh yang menerima Pers Card Number One (PCNO), terdapat dua tokoh pers Sumbar menerima kartu pers penghargaan  yakni Khairul Djasmi (Pimred Harian Singgalang ) dan Basril Basyar selaku Ketua Dewan Kehormatan PWI Sumbar, diserahkan Ketua PWI Pusat Margiono disaksikan Wapres Jusuf Kalla.

Usai penyerahan kartupers nomor satu, Wakil Presiden memberikan apresiasi kepada penerima penghargaan atas dedikasi dan upaya yang dilakukan dalam bidang jurnalistik.

“Penghargaan ini diberikan masyarakat pers Indonesia melalui PWI Pusat sebagai pengakuan yang bersangkutan sebagai wartawan profesional dengan kompetensi dan integritas tinggi,”ujar Jusuf Kalla.

Menurut Margiono, penghargaan diberikan setiap tahun sebagai bentuk pengakuan dan penghargaan atas kinerja wartawan yang tergabung dalam organisasi PWI.

“Tahun ini ditetapkan 17 orang diseluruh Indonesia yg memperoleh penghargaan ini.
Selain menyerahkan PCNO (Press Card Number One) diacara yang sama diserahkan Anugerah Kepeloporan bidang media dan Anugerah Adinegoro,”ujar Margiono.

Sementara penerima Adinegoro tahun ini Rusman Paraqbueq dari Tempo, Elidevianti Net TV, Hermawan Banyuwangi Larisa Huda dan untuk karagori media The Jakarta Post.

Pada kesempatan itu tersebut Wakil Presiden Jusuf Kalla meluncurkan Jaringan Wartawan Anti Hoax yang disingkat Jawah, namun saat melaunching langsung diganti Jusuf Kalla menjadi JAWARAH yang bermakna pahlawan pembela kezaliman.Dan koreksian itu dapat diterima masyarakat pers.

Selain Gubernur Sumbar yang menjadi gubernur satu satunya hadir juga kegiatan tersebut dihadiri Menkominfo Rudiantara.

“Hadirnya Pak Gubernur Irwan Prayitno menjadi satu-satunya gubernur se Indonesia yang hadir membuktikan kemitraan pers dan pemerintah daerah di Sumbar terjalin harmonis tanpa meninggalkan daya kritis media di Sumbar. Sekaligus menjadi tanda Sumbar siap jadi Tuan Rumah Hari Pers Nasional 2018,”ujar Khairul Jasmi. (erwan)