Hebat, Nuca Mules Merdeka Listrik Tenaga Surya

oleh -122 views
Saat Peringatan HUT RI ke 74, jauh di Pulau Mules NTT masyarakatnya pun merdeka pula dengan aliran listrik tenaga surya, Sabtu 17/8 (foto: dok)

Flores,—Pulau Mules di Manggarai Flores, NTT memang di seberang lautan, tapi pulau berujud seperti perempuan tidur itu kemajuannya sangat luar biasa.

Kepala desa Buhima bersama warga pas hari kemerdekaan kemarin meresmikan listrik tenaga surya.

“Hari kemerdekaan maka Pulau Mules pun merdeka dengan listrik tenaga suryanya,” ujar staf PDTU yang mendamping ekspedisi merdeka jurnalis sumbar di suport Kemendes PDTT lewat staf khusus Febby Dt Bangso, Ariz menginfokan Minggu 18/8 kepada tim Ekspedisi Merdeka Jurnalis Desa dan Lingkungan.

Saat tim menyamperin Pulau Mules dari Desa Bintor menyeberang laut sekitar 20 menit, ketakjuban akan pulau itu sudah terasa meski masih di seberang atau di tengah laut.

“Pulau Mules dengan hamparan pantai pasir putih memang menakjubkan masyarakat dominan berprofesi nelayan sekaligus peternak sapi, hebat lagi pulau ini beruntung punya Burhima, kepala desa yang tidak senang duduk di belakang meja,”ujar Aris, Rabu 14/8 lalu kepada tim ekspedisi merdeka, Toaik, Imung, AG dan Nofal.

Buhima sosok kepala desa yang terus bergerak dan tak mau diam, tujuannya bagaimana pembangunan sampai ke Nuca Mules.

Alhasil, Kades didukung tim pendamping desa kini berhasil menyulap pulau itu semakin cantik sesuai arti nama dari nama Pulau Mules.

Program Kemendes PDTT bak bergelombang datang ke pulau itu mulai betonisasi jalan sepanjang empat kilometer,  homestay hingga bantuan kapal nelayan diperoleh Buhima untuk Pulau Mules.

Geliat nyata pembangunan dari pinggir sebagaimana dicanangkan Presiden Joko Widodo, buat PT PLN tak mau ketinggalan.

Pulau Mules berbatas dengan laut lepas itu pun sejak hari ini dialiri listrik bertenaga surya, jelas sebuah investasi besar PLN untuk listrik nyala terus di Pulau Mules.

Dan soal signal handphone jangan khawatir, ternyata Pulau Mules lebih dulu merdeka dibandingkan daerah tepi seperti Bintor, Dange dan Wae Rebo yang menjadi geopark dunia ditetapkan Unesco itu. (own)