Helly Basarnas Besok Pasok Makanan ke Kapur IX

oleh -249 views
Rapat koordinasi penanganan banjir dan longsor Pangkalan dihadiri pejabat BNPB Dody Ruswandi dan Wagub Sumbar Nasrul Abit, Senin malam di Padang. (foto: jas)

Padang,—Upaya percepatan pemulihan daerah bencana banjir dan longsor Pangkalan Limapuluh Kota terus dilakukan, semua elemen pemerintah, TNI, Polri dan relawan bahu membahu menangani dampak bencana yang terjadi sejak Jumat kemarin.

Menurut Kepala Biro Humas Pemprov Sumbar, Jasman Rizal Senin 6/3 malam dilakukan rapat koordinasi dihadiri pejabat BNPB Dody Ruswandi dan Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit.
“Secara umum banjir mulai menyusut, longsor sudah tertangani tapi untuk daerah Kapur IX yang sudah tiga hari terisolasi akibat akses jalan putus, Selasa besok, pasokan makanan dikirim lewat udara, menggunakan helly Basarnas,” ujar Jasman.
Menurut Jasman ada 700 KK di daerah Kapur IX itu yang terisolir sejak banjir dan longsor menerjang.
Sedangkan untuk akses jalan ke Pekanbaru Riau sudah bisa dilewati termasuk kendaraan jenis truk sudah bisa melewati ruas jalan Payakumbuh-Pekanbaru.
Untuk kebutuhan masyarakat korban bencana menurut Jasman, masyarakat butuh kebutuhan dasar, seperti sembako, pakaian sekolah, kasur dan bantal, selimut, air bersih dan obat obatan.
Sedangkan terkait bantuan Jasman mengatakan pihak Pempriv dan Baznas telah mengucurkan bantuan sebesar Rp 750 juta dam  rendang 200kg, lalu BNPB ari BPBD Rp 500jt + Rp 250 juta plus beras 25 ton.
“PLN juga sudah memperbaiki tiang listrik yang rusak, dari total 116 tiang rusak, 75 tiang sudah diperbaiki, begitu juga kominikasi seluler, terus diperbaiki pihak Telkom dan Telkomsel,” ujar Jasman.
Sementara itu relawan dari Mapala Unand Padang terus melakukan penyisiran sungai untuk mencari satu korban hanyut.
Tapi info dari Mapala Unand korban tertimbun masih ada kemungkinan bertambah, bahkan pihak keluarga yang merasa anggota keluarganya hilang terus minta pemerintah dan relawan untuk menemukan anggota kekuarganya. (waldi)