Hendra J Kade Orang Minang Pertama Komisioner KI Pusat

oleh -1.120 views
Hendra J Kade, Komisioner Komisi Informasi Pusat pertama berdarah minang, terpilihan dengan suara terbanyak oleh Komisi I DPR RI Kamis 14/9. (foto: facebook)

*Raih Suara Tertinggi Pemilihan DPR*

Hendra J Kade, Komisioner Komisi Informasi Pusat pertama berdarah minang, terpilih dengan suara terbanyak oleh Komisi I DPR RI Kamis 14/9. (foto: facebook)

Jakarta,—Rekruitmen Calon Komisioner Komisi Informasi (KI) Pusat Republik Indonesia telah usai, Kamis 14/9 kemarin.

Di Komisi I DPR RI dua hari, 21 calon menjalani uji kelayakan dan kepatutan serta pemilihan dilakukan lewat votting, tujuh nama berhasil meraih suara terbanyak dan secara defacto menjadi Komisoner KI Pusat periode jabatan 2017-2021.

Hebatnya lagi, peraih suara tertinggi dalam votting di Komisi I DPR RI tersebut ternyata anak minang, putera Salimpaung Tanah Datar, Hendra dikenal dengan Hendra J Kade raih 54 suara, sama dengan raihan suara Arif Budi Kuswardono, jadilah Hendra orang minang pertama sebagai komisioner KI Pusat. Komisioner lain Cecep Suryadi 48 suara, Gede Narayana, 39 suara, Wafa Patria Umma, 32 suara, Romanus Ndau 31 suara dan Tulus Subardjono dengan 29 suara.

“Ambo (saya) dari Tanah Datar, kampuang (kampung), adiak ambo walinagari di kampuang (adik saya walinagari di kampung),”uajr Hendra saat berbalas sapa di whslagshap group jaringan komisi informasi indonesia (jarki), Jumat 15/9 malam.

Tahu ada putera Sumbar jadi komisioner KI Pusat, anggita KI Sumbar Adrian Tuswandi berujar syukur.

“Allhamdulillah lai ado urang awak (ada orang Sumbar) di KI Pusat, sudah dua periode tidak ada orang Sumbar yang menjadi Komisioner KI Pusat, selamat dan sukses uda Hendra,”ujar Adrian.

Hendra tamatan MAN koto Baru berdomisli di Wonogiri Jawa Tengah karena istri orang Wonogiri. Hendra J Kade saat uji kelayakan dna kepatutan di Komisi I DPR RI mampu meyakinkan wakil rakyat.

Perolehan suara pemilihan calon komisioner KI Pusat di Komisi I DPR RI, Kamis 14/9 malam kemarin. (foto: wag jarki)

“Saya konsennya dua, yakni tegaknya keadilan hukum dan kepastian hukum secara bergandengan dalam setiap sengketa informasi,”ujarnya.

Selain itu Hendra bertekad membangun national chatacter ethic Masyarakat Informasi Indonesia berlandaskan nilai-nilai empat pilar,”ujarnya.

Diakhir berbalas whagshap Komisioner KI Pusat menunggu pelantikan dan pengambilan sumpah oleh Presiden Joko Widodo, Hendra  menyapa  Heranof dan Basril Basyar (BB).

“Kenal sama pak Heranof dan pak BB, sampaikan salam ya, beliau berdua sahabat dan guru ambo (saya),”ujar Hendra mantan Ketua Mapiku PWI Pusat.(erwandi)