Hidayat Jemput Aspirasi, Balanjuang di Sekretariat IWO Sumbar

oleh -60 views
Wartawan balanjuang siang dengn wakil rakyat Hidayat dalam rangka masa reses DPRD Sumbar, Senin 29/6 di Sekretariat IWO Sumbar. (foto: dok/nov)

Padang,—-Reses DPRD Sumbar adalah momen wakil rakyat melapor ke konstituen dan merengkuh aspirasi yang belum disuarakan di gedung perwakilan rakyat.

Hidayat Ketua Fraksi Gerindra Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatra Barat,  Senin 29/6 bertandang dan balanjuang (makan) siang bersama wartawan di Sekretariat Ikatan Wartawan Online (IWO) Sumbar Gor H Agus Salim Padang.

Bagi dunia jurnalis Hidayat bukan sosok asing lagi, sebelum menjadi wakil rakyat Sumbar periode 2014-2019 dan terpilih lagi pada Pemilu 2019 lalu, Hidayat adalah Pemred Koran Mingguan BInews. Kehadiran di tengah kominitas wartawan online saat reses karena Hidayat ingin menggali kondisi riil rakyat kekinian.

”Wartawan adalah insan segala tahu, bertandang ke IWO Sumbar untuk mendapatkan kondisi kekinian masyarakat Padang, daerah pemilihan saya,”ujar Hidayat.

Kata Hidyaat, masa reses merupakan kewajiban bagi seluruh anggota DPRD, ini merupakan wadah bagi anggota dewan untuk menyerap, mendengar dan menghimpun aspirasi dari masyarakat. Selain menyerap aspirasi, kata Hidayat reses juga untuk  menjalankan satu dari tiga fungsi dewan yakni pengawasan.

”Begitu banyak aspirasi yang kami tampung, terutama soal Bantuan Lansung Tunai (BLT). Serta pola peningkatan perekonomian kota yang saat ini tengah terpuruk karena covid-19. Insya Allah untuk membantu ekonomi masyarakat yang lumpuh karena  covid-19, kami di provinsi akan mencoba mencari solusinya. Satu di antaranya memberikan pinjaman lunak kepada masyarakat melalui APBD. Kami akan coba membahasnya di APBD perubahan nanti, serta yang lebih penting mencari bagaimana teknisnya dan tidak berdampak pelanggaran hukum,”ujar Hidayat.

Selain itu, Hidayat saat reses juga memonitor pelaksanaan PPDB Online yang diundur karena sistem erorr terus.

“Saya tegaskan kembali, Pemprov jangan bermain-main dengan kebutuhan masyarakat, khususnya kebutuhan pendidikan, di mana penerimaannya lewat online, tapi sistem tidak juga lancar hingga siang ini,”ujar Hidayat.

Pernyataan Hidayat mendapat sambutan positif dari yang hadir, dan akan mendukung semua kegiatan positif atas masa reses anggota DPRD tersebut.

Erwandi. TH, sekretaris IWO Sumbar mengatakan, siap mendukung program positif Hidayat dalam memperjuangkan aspirasi masyarakat.

“Kita akan mendukung semua kegiatan pak Hidayat dalam memperjuangkan aspirasi masyarakat, khususnya dalam memperjuangkan pendidikan dan perekonomian masyarakat,”ujar Erwandi.

Pernyataan Hidayat tadi juga dipertegas akademisi Ilham Aldelano Azre, di mana aspirasi masyarakat memang amat perlu diperjuangkan, agar tidak terjadi gejolak sosial ditengah-tengah masyarakat.

“Apa yang dilakukan bang Hidayat untuk memanfaatkan reses masa sidang kedua dalam menghimpun aspirasi masyarakat sangat perlu diapresiasi, karena ini merupakan sebuah kewajiban untuk diperjuangkan dalam hal penganggaran maupun aturan lain,” ulas Azre yang termasuk majelis kode etik IWO Sumbar.

Kata Azre, jika Hidayat bisa memperjuangkan lanjutan BLT Provinsi, maka semua elemen di Padang juga harus mem-push agar Kota Padang wajib salurkan BLT yang infonya baru satu bulan dibagikan ke masyarakat.

Pertemuan bersahabat itu pun ditutup dengan makan balanjuang, tawa badarai terlihat saat wartawan dan wakil rakyat adu guyonan.

”Mohon pertemuan ini diagenda rutinkan, bang Ucok Novrianto,”ujar Hidayat.(nov)