Hidayat Ungkap Tambah Rombel dan Lapor ke Ombudsman

oleh -65 views
Soal Rombel, Hidayat lapor ke Ombudsman RI perwakilan Sumbar, Senin 26/9-2022. (dok)

Padang,— Anggota DPRD Sumbar Hidayat mengungkap adanya penambahan rombongan belajar (Rombel) atau lokal tambahan tak sesuai mekanisme. Atas sesuatu yang tak sesuai tersebut Hidayat pun melapor ke Ombusdman RI Perwakilan Sumbar.

“Ya, saya akhirnya harus mengadu ke Ombudsman RI Perwakilan Sumbar terkait soal penambahan rombongan belajar (lokal tambahan) untuk siswa yang tidak diterima melalui PPDB Online 2022,” ujar Hidayat.

Gara gara SE Diknas tersebut, ada SMA di kota Padang yang terpaksa menambah lokal baru untuk menampung siswa di SMA Negeri yang dilakukan tanpa online/tidak transparan (tanpa jalur zonasi, prestasi, afirmasi dan perpindahan tugas orangtua), saya langsung ke Ombudsman, “Allhamdulillah laporan saya diterima langsung oleh Kepala Perwakilan Obudsman RI ibu Yefri Heriani,” ujar Hidayat.

Poal penerimaan seperti SE Diknas Sumnar itu kata Hidayat sudah melanggar Permendikbud nomor 1 tahun 2021 tentang PPDB.

“Pada Permendikbud itu tegas menyatakan bahwa PPDB harus dilaksanakan secara objektif, transparan dan akuntebel, sehingganya dilakukan secara online,” ujar Hidayat.

Dan Hidayat menilai kebijakan Diknas Sumbar ini berpotensi menciptakan ketidakpastian hukum dan merobek azaz keadilan pada pelaksanaan PPDB

“Atas dugaan maladministrasi karena SE Diknas tentang Pemenuhan Daya Tampung PPDB tersebut saya mengadu ke Ombudsman dan minta diperiksa/diuji oleh Ombudsman agar pada PPDB khususnya untuk SMA Negeri tidak terjadi lagi pada tahun tahun mendatang,” ujar Hidayat. (adr)