Hindari Tertular Covid-19, Jasman Punya Lima Jurus

oleh -83 views
Kadis Kominfo sosialisasikan jurus 5M kepada Dharma Wanita Diskominfo, Selasa 26/1 (foto: dok/kominfosb)

Padang,—Selama pandemi Covid-19, pemerintah tak kenal lelah dan terus gencar menghimbau masyarakat untuk mencuci tangan, menjaga jarak dan memakai masker. istilah ini biasa disingkat 3M.

Tapi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sumatera Barat, sekaligus Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Sumbar, Jasman punya jurus lain, yakni 5M.

“Ilmu dasarnya tetap 3M, dua jurus penangkis virus korona lagi adalah Mandi dan menjaga Makanan. Menurut Jasman, dua ‘M’ terakhir ini penting terutama setelah beraktifitas di luar dan kembali ke rumah. Saya selalu menerapkan aturan ini di rumah secara ketat demi menjaga keluarga,”ujar Jasman saat silaturahim denhan Dharma Wanita Diskominfo Sumbar, Selasa 26/1 di Padang.

Kata juru bicara Satgas Covid-19 Sumbar ini Jangan main-main soal covid-19. Banyak yang tidak percaya tapi penyebab konfirmasi yang banyak sekarang adalah dari makanan. Bahkan, ada sekeluarga yang selalu menjaga protokol ketat, tapi kena juga.

“Setelah ditelusuri, ternyata tempat pesan makanan onlinenya tidak menjalankan protokol kesehatan,” ungkap Jasman.

Selain itu, sebagai orang ke-3 yang mendapat vaksin di Sumbar, Jasman juga meluruskan beberapa pemberitaan yang tidak benar tentang vaksin. Menurutnya vaksin itu hal biasa dan tidak perlu ditakuti. Dan setelah divaksin pun tidak lantas membuat seseorang bebas tanpa protokol kesehatan.

“Vaksin itu sudah hal yang biasa. Ndak perlu dicemaskan. dari kecil kita sudah divaksin. Mau menikah juga vaksin, bahkan naik haji pun divaksin, jadi apa lagi yang perlu ditakutkan. Bahkan vaksin covid ini lebih aman dari vaksin-vaksin penyakit lainnya,” jelas Jasman.

Jasman juga menambahkan, vaksin covid itu baru membentuk antibodi setelah tiga bulan pasca mendapat vaksin kedua kalinya. Sehingga, jika ada pemberitaan yang menyebut orang yang telah vaksinasi kena covid juga, berarti oknum bersangkutan tidak disiplin atau longgar protokolnya sebelum antibodi terbentuk.

Sementara itu, Ketua Dharma Wanita Diskominfo Sumbar Lasta Jasman, mengajak Dharma Wanita untuk mematuhi protokol kesehatan dan membiasakannya di rumah dan lingkungan tempat tinggal.

“Sampaikan hal ini kepada keluarga dirumah dan tetangga juga. Jaga kesehatan kita dengan melakukan hal-hal positif dan olahraga,” ajak Lasta. (doa/mmc-diskominfosb)