HM Nurnas: Belum Bergaung Iven Nasional di Sumbar

oleh -102 views
HM Nurnas dihadapan JPS kritik gaung lima iven nasional di Sumbar, Jumat 17/1 di Padang. (foto: dok)

Padang,—Lima iven nasional yang ‘memeroti’ APBD Sumbar 2020 hingga ratusan miliar rupiah. Tapi, telah 21 hari 2020 berjalan eee gaungnya masih malasuih.

Menyikapi ini Anggota DPRD Sumbar HM Nurnas ingatkan semua pihak terutama organisasi pemerintah daerah yang bertanggungjawab untuk berjibaku mengairahkan dan menggebyarkan kepada masyarakat Sumbar.

Lima agenda besar nasional di Sumbar, di antaranya Pekan Nasional-Kontak Tani Nelayan Andalan (Penas-KTNA), Hari Keluarga Nasional (Harganas), MTQ Nasional XXVIII dan Pilkada Serentak 2020.

“Lima iven nasional itu kebanggan seluruh masyarakat tidak Pemprov atau daerah tempat penyelenggaraannya saja, khusus  MTQ Nasional XXVIII belum sampai rasanya ke publik Sumbar,”ujar HM Nurnas di sela-sela masa Reses DPRD Sumbar dihadapan Jaringan Pemred Sumbar (JPS) Jumat 17/1 di GOR H Agus Salim Padang.

“Sosialisasi kegiatan tersebut harus diperkencang, agar masyarakat bisa mengetahuinya secara luas,” ujar Sekretaris Komisi I DPRD Sumbar ini.

Di samping gaungnya, tidak kalah penting ungkap politisi Partai Demokrat tersebut, bagaimana persiapan, khususnya yang menyangkut sarana dan prasarana, termasuk infrastrukturnya.

“Jangan sampai persoalan ini menjadi kendala di lapangan,” ulasnya.

Sekretaris Komisi I DPRD Sumbar HM Nurnas. (foto: dok)

Akses ke Main Stadion Sumbar Mengendala

Misalnya, lanjut HM Nurnas, Main Stadion Sumbar di Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman yang akan dijadikan pusat pelaksanaan MTQ Nasional XXVIII.

“Jalan masuk ke arah sana harus diperhatikan, sehingga kelancaran keluar masuk kendaraan menjadi lancar,” sebutnya.

Pembangunan stadion tidak harus beserta dengan bangku-bangkunya sekalian. Yang utama menurut Cak Nurnas, demikian putra Piaman ini biasa dipanggil, stadion representatif untuk acara, termasuk pembangunan tilawahnya.

Kemudian Cak Nurnas menyarankan kepada Pemprov Sumbar agar membuat Media Center untuk lebih menggaungkan kegiatan-kegiatan nasional yang akan diadakan di Sumbar di tahun 2020 ini.

“Media harus dimaksimalkan, agar sosialisasi kegiatan bisa terpublikasi secara masif,” ucapnya.

Media Center sekaligus merangkum informasi dari pusat, maupun dari daerah sebagai panitia lokal, sehingganya bisa menjadi pusat informasi bagi yang ingin mengetahui mengenai kegiatan-kegiatan nasional yang dilaksanakan.

Dengan banyaknya tamu dari luar Sumbar yang akan hadir, yang jumlahnya puluhan ribu, kesiapan Sumbar sebagai penyelenggara kegiatan-kegiatan nasional itu harus matang.

“Pokoknya jangan sampai buat malu daerah,” pungkas Cak Nurnas, termasuk politisi yang memilih utamakan manfaat besar bagi daerah dan  masyarakat Sumbar.

“Saya perjuangkan aspirasi Daerah Pemilihan untuk majukan Sumbar,” ujar Nurnas.

Kordiantor JPS Heri Sugiarto.

Sumbar Tuan Rumah MTQ Belum Viral

Koordinator JPS Sumbar Heri Sugiarto juga merasa heran lembeknya daya rasuk Sumbar tuan rumah MTQ.

“Kok nggak ada berita bagaimana perjuangan Sumbar jadi tuan rumah lalu. Apa dan bagaimana MTQ?, apa menjadi ikon MTQ?,” ujar Heri.

Ini kata Heri harus dikemas dan viral sehingga aura MTQ merasuk masyarakat Sumbar.

“Dan saat MTQ djgelar, orang merasa ketinggalan atau rugi kalau tidak melihat pergelaran religius terbesar itu,”ujar Heri yang juga Pimred Padang Ekspres ini.(nov/riko)