HUT Padang Pariaman, Jadikan Rakyat sebagai Raja

oleh -215 views
HUT Padang Pariaman banyak warga donorkan darah dan mendapatkan pelayanan, Rabu 9/1 (foto: humas/pdgprm)

Padang Pariaman,—Pemerintah Padang Pariaman selenggarakan pelayanan langsung kepada masyarakat dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun ke 186.

“Layanan berlangsung selama tiga hari pada tanggal 9-11 Januari 2019 yang diikuti oleh seluruh OPD, Instasi Vertikal, BUMN dan lainnya,”ujar Wakil Bupati Suhatri Bur usai melepas Maraton 10k di Halaman Kantor Bupati di Nagari Parit Malintang, Kec. Enam Lingkung, Rabu 9/1.

Menurut Suhatri HUT Padang Pariaman sekarang beda. “Kita adakan layanan gratis kepada masyarakat. Semua lengkap disini, ada buat KTP, KK, IMB, Izin Usaha, Samsat, SIM Keliling, Perpustakaan, Bank Nagari, Donor Darah, Cek kesehatan oleh Dokter Spesialis dan lainnya. Artinya kita jadikan rakyat sebagai raja,”ujar Suhatri Bur.

Layanan ini, kata Suhatri Bur, diberi nama GAPURA PAPA atau Gerai Pelayanan Untuk Rakyat. Diharapkan segala adminstrasi yang dibutuhkan masyarakat bisa diselesaikan dan dituntaskan.

Mantan Ketua BAZDA itu menghimbau agar para Camat dan Wali Nagari beserta jajaran agar mengerahkan masyarakat untuk mendapatkan layanan langsung ditempat.

“Yang kita lakukan hari ini untuk implementasi motto Saatnya Rakyat Menikmati. Aparatur gembira melayani, Masyarakat senang dilayani” ungkapnya.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Muhammad Fadhly mengatakan animo masyarakat cukup tinggi memanfaatkan layanan Gapura Papa. Layanan yang dibuka sejak pagi hingga sore hari telah melayani sebanyak 39 penduduk.

“Kita turunkan tim sebanyak 10 orang dengan membawa alat perekaman KTP, KK, Akte Kelahiran dalam lainnya  Semoga lebih banyak lagi masyarajat yang datang dua hari ke depan,”ujar Fadhly, dikenal Kadis sarat prestasi tingkat nasional itu.

Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu dan Perindustrian Hendra Aswara mengaku banyak didatangi masyarakat yang mengurus IMB dan Izin Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT).

“Untuk pengurusan IMB ada delapan permohonan dan tiga untuk PIRT. Kemudian banyak juga masyarakat yang konsultasi izin usaha dan prosedur perizinan,”ujar Kadis peraih Penghargaan Peringkat Pertama Pelayanan Publik tingkat Sumbar 2018.

Kabag Humas Andri Satria Masri mengatakan pesta rakyat memeriahkan Hari Jadi ke 186 berlangsung selama tiga hari. Kegiatan yang digelar seperti Randai oleh Siswa SMP, Layanan Publik, Olahraga, Donir Darah, Hiburan oleh Band Pinokio dan Artis Minang Ajo Buset dan Kintani.(rilis: humas-pdgprm)