Ibnu Mareza, Putra Padang Panjang yang Turut Bawa Batavia FC Juara Liga 3 DKI Jakarta 

oleh -10 views

ANDES MARADONA –SEBULAN sebelum Liga 3 DKI Jakarta bergulir, tawaran bermain di Batavia Football Club (FC) menghampiri Ibnu Marezamily Putra.

Atas rekomendasi Pelatih Kepala Tim Semen Padang U-17, Dian Rama Saputra dan Asisten Pelatih, Rian Damara yang melatihnya, Ibnu mengiyakannya.

Jadilah putra Tanah Pak Lambik, Kecamatan Padang Panjang Timur (PPT) itu mulai menapak karir semi profesionalnya di perantauan. Di Batavia FC, ia dilatih trio pelatih Supriyono, Ilham Romadona dan Bambang Harsoyo yang merupakan eks pemain timnas di ajang Piala Tiger 1996.

Dengan persiapan matang dan kekompakan tim, klub yang berdiri 2010 itu akhirnya keluar sebagai jawara Liga 3 DKI Jakarta dengan mengalahkan tim ASIOP pada final yang digelar 22 Desember lalu.

Mereka berhak bermain di Liga 3 Nasional dan bisa saja menembus Liga 2 jika konsisten dengan pola permainan dan menjaga kekompakan tim.

Capaian prestasi ini, bagi Ibnu adalah berkat kegigihannya berlatih dan menempa ilmu di berbagai SSB (Sekolah Sepak Bola), sejumlah klub dan bertanding di banyak turnamen.

Anak sulung dari pasangan Yusrizal dan Yulia Resmi ini, sejak kecil sudah diarahkan ayahnya untuk menjadi pemain sepak bola profesional. Ibnu dilatih dan selalu di-support.

Di usia 9 tahun, pemain kelahiran tahun 2000 ini diantarkan masuk SSB Kapur Putih, Bancah Laweh untuk belajar dasar-dasar bermain sepak bola.

Setelah itu, Ibnu ditempa di berbagai SSB yang ada di Kota Padang Panjang. Di antaranya, SSB GMG Kecamatan PPT dan Akademi Sepakbola Dinas Porapar Padang Panjang. Ibnu pernah mengikuti turnamen Man-U (Nike) U-14 di Karawaci, Tangerang. Ibnu juga tercatat pernah berkarir di Tim Semen Padang U-17 dan U-20.

Berbagai prestasi telah diraih pemain dengan postur 175 cm ini. Baik untuk sekolah dan Kota Padang Panjang, juga Tim Semen Padang U-17 dan Elite Pro Semen Padang yang pernah ia bela.

Di antaranya pada tahun 2017 lalu, Ibnu membawa Kecamatan PPT sampai ke semifinal dan juara tiga pada 2019 di Kejuaraan Minangkabau Cup.

Ketika tampil dalam pertandingan, Ibnu lugas dan unggul bola atas yang merupakan karakter bermainnya. Pemain yang bisa bermain sebagai bek tengah dan penyerang ini, juga merupakan pemain andalan Padang Panjang di perhelatan Porprov XV-2018 lalu di Kabupaten Padang Pariaman. Bersama tim Semen Padang, Ibnu pernah meraih juara 1 Piala Suratin U-17 yang berlanjut ke tingkat nasional di tahun 2017.

Saat ini, Ibnu bersama Batavia FC sedang fokus berlatih menjelang putaran nasional Liga 3 yang akan digelar pada akhir bulan ini. Event ini diikuti 64 klub yang akan bersaing memperebutkan delapan tiket promosi menuju Liga 2 musim depan.

Yusrizal berharap agar putra kebanggaannya ini bisa sukses dalam karir sepak bolanya dan bisa membuat prestasi dan prestise bagi keluarga dan masyarakat Kota Padang Panjang.

Untuk sang anak, ia selalu berpesan agar selalu berdoa, rajin beribadah dan berlatih. “Semoga Ibnu selalu lugas di lapangan, namun tetap santun di luar. Mohon doa dan dukungan warga kota, agar Ibnu bisa sukses bersama Batavia dan bisa mengharumkan nama Kota Padang Panjang,” harapnya. (*/kominfo)