IKA FKM UNAND Kupas Covid-19 dengan Lomba Artikel Ilmiah dan Populer

oleh -331 views
Ketua IKA FKM Dr Helmizar gelar Lomba Artikel Ilmiah tentang pandemi covid-19. (foto: dok)

Padang,—Virus Covid-19 sudah menyebar ke berbagai wilayah di seluruh dunia tanpa keterkecuali Indonesia.

Akibatnya juga tidak tebang pilih, mulai anak-anak sampai orang tua. Baik orang kaya juga masyarakat miskin terkena dampaknya.

Oleh karena itu diperlukan sinergitas dan kolaborasi berbagai lintas ilmu bergotong royong menghadapi pandemi ini.

“IKA FKM UNAND merupakan salah satu organisasi yang aktif ikut turun tangan membantu masyarakat dalam menghadapi pandemik covid-19 beberapa kegiatan yang sudah dilaksanakan adalah membuat handsanitaizer, pembagian paket sembako pada mahasiwa yang terdampak, dan banyak lainnya,” Ketua IKA FKM Dr Helmizar SKM.M Biomed, Sabtu 13/3-2021 di Padang.

Kali ini IKA FKM menggelar lomba artikel ilmiah dan populer. “Kegiatan ini diikuti oleh berbagai peserta yang berasal dari berbagai wilayah Indonesia seperti Jakarta, Jawa Timur hingga Bali,” ujar Helmizar Sabtu 13/3-2021 di Padang.

Lomba artikel ilmiah dan populer ini direncanakan pendaftaran dibuka sejak Oktober 2020 dan dilakukan penambahan waktu beberapa kali.

“Peserta sangat antusias karena adan semangat menyampaikan karyanya sebagai sumbangsih menekan penyebaran covid-19,” ujar Helmizar.

Selain itu panitia juga memberi apresiasi terhadap artikel terbaik. “Untuk hadiah Insya Allah cukup besar hinhha perserta jutaan rupiah plus sertifikat ber SKP. Kumpulan artikel dibukukan menjadi sebuah buku ber ISBN dan peserta membayar insert hanya Rp 50 ribu saja,” ujar Ketua Panitia Radian.

Lomba tulis artikel ini mengangkat tema “Perspektif Covid-19 dari Aspek Kesehatan Masyarakat”.

Setelah melalui proses seleksi oleh tim juri kata Radian, peserta yang dinyatakan menang sebagai juara 1,2, dan 3 melakukan presentasi melalui pertemuan di aplikasi zoom pada Sabtu 13 maret 2021 ini.

“Pada presentasi dengan zoom terjadi terjadi diskusi yang alot antara penyaji dan peserta selama kegiatan presentasi berlangsung,”ujar Radian.

Apalagi artikel yang disajikan kata Radian sangat menarik mulai dari gambaran epidemiologi covid-19 pada anak-anak, penerapan K3 selama pandemic, pemodelan risiko penyebaran covid-19 serta rekomendasi kebijakan kepada pemerintah untuk mencegah penyebaran covid-19.

Ketua Pantiia Lomba Artikel Radian Ilmaskal, SKM, MPH menyampaikan kepada seluruh pantia dan peserta terima kasih banyak atas antusiasi serta kontribusinya dalam menyumbang ide dan gagasan secara ilmiah dalam menghadapi pandemik covid-19 ini.

“Semoga berdampak untuk Kesehatan masyarakat Indonesia,” ujarnya. (rilis: humas-unad/panpel)