IKA Unand Peringati Detik-Detik Kemerdekaan di Taman Siti Nurbaya

oleh -235 views
Alumni Unand peringati Detik Detik Kemerdekaan di Taman Siti Nurbaya, Selasa 17/8-2021. (foto: dok/monsis)

Padang— Aksi merayakan detik detik kemerdekaan Ikatan Alumni (IKA) Unand dilakukan dengan jalan santai menyusuri jalan kecil dan menaiki tangga sampai ke puncak Gunung Padang , kegiatan pada Selasa pagi (17/8) itu dimulai pada pukul 06.00 WIB.

Tepat pada jam 10.17 WIB alumni IKA Unand yang mengikuti jalan santai terdiri antara lain Prof. Deddy Prima, Yurniwati, Erizon, Ilhamsyah, Ferri Suswanto, Riduan N dan Deni Pratama berhenti sejenak mendengarkan lagu Indonesia Raya untuk menghormati detik detik kemerdekaan setelah itu kembali melanjutkan jalan santai di gunung padang.

Pada hari itu juga beberapa alumni IKA Unand meninjau pembibitan pohon pinago di padang pariaman yang nantinya akan di tanam di sepanjang pesisir mentawai. Ini merupakan salah satu program pengabdian masyarakat IKA Unand yang telah dipersiapkan sebelumnya.

Pohon Pinago dinilai memiliki keunggulan, seperti usia yang lebih panjang, batang yang tinggi, dan lebih kokoh sehingga juga bermanfaat menahan abrasi sehingga bisa juga menahan tsunami.

Prof. Deddi Prima Putra salah satu Pengurus DPP IKA Unand dan juga Rektor Universitas Dian Andalas mengatakan “Pohon pinago ini bagus, tahan abrasi dan berumur panjang, jika setelah satu minggu pohon ini masih ada daunnya atau tidak rontok, ini menunjukkan pohon itu berpeluang untuk hidup lebih dari 80 sampai 90 persen.”

Kegiatan penanaman bibit pinago ini diharapkan memberikan kontribusi yang positif bagi lingkungan di pesisir pantai sehingga masyarakat pun merasakan manfaat penanaman pohon pinago ini.

Selesai melihat pembibitan pinago yang di tanam oleh Prof Deddi , kegiatan diakhiri makan bersama gulai kepala ikan di pinggir pantai. (monsis)