IKAH Serahkan Sembako Untuk Dunsanak Terdampak Covid-19

oleh -240 views
IKAH Pessel beraksi peduli, bantu paket Sembako untuk dunsanak Air Haji yang merantau ke Padang, Kamis 7/5 (foto: dok/ikah)

Padang,— Dampak penanganan covid19 sudah merata terasa ke berbagai lapisan masyarakat, tak peduli kaya, berkedukan atau tidak, semua digerus oleh wabah coronavirus nama lain dari Covid-19.

Beruntung di Sumbar meski semua sektor dan prilaku terdampak, namun satu yang masih kokoh berdiri yakni solidaritas berkawan, bersaudara dan berkampung masih terjaga selalu.

Seperti hari ini 7/5 Ikatan Keluarga Air Haji (IKAH) Pesisir Selatan (Pessel) berbagi kepedulian sosial kepada dunsanak sesama urang Air Haji berdomisili di Padang.

”Bentuk kepedulian dari dunsanak untuk dunsanak yang merantau di Padang ini, karena kita merasakan bagaimana kondisi kehidupan di tengah pandemi Covid19 ini, semua berhenti, karena kita patuh pada PSBB dan Physical Distancing,”ujar tokoh Air Haji Budi Syukur di sela pembagian Sembako tadi.

Memurut Budi Syukur warga Kota Padang asal Air Haji tersebar di 11 kecamatan jumlahnya yang terdata di IKAH 600 KK.

”Dunsanak ambo itu berbagai latar belakang pekerjaan dan profesi ada ASN, politisi, pengusaha, pekerja sektor swasta, pedagang, juga ada kerja serabutan alias berpenghasilan harian,”ujar Budi.

Melihat dampak Covid19 ini maka Pengurs IKAH Padang tidak tinggal diam.

”Kita lakukan gerakan penggalangan dana yang mau berdonasi untuk membantu dunsanak sakampuang, Allhamdulillah niat ikhlas dan tulus dimudahkan Allah, hari ini paket sembako untuk dunsanak dibagi,”ujar Ketua Panitia IKAH Peduli Zulkifli Azis didampingi Sekretaris Panitia Ben Sani.

Paket sembako dibagikan tadi itu adalah komplit karena di satu paket kata Ben Sani ada beras, minyak goreng, gula pasir, telur dan indomie.

“Pada tahap awal ini tim akan menyerahkan 100 paket sembako komplit. Aksi Peduli IKAH Padang dilepas dengan muka jernih oleh Ketua Dewan Penasehat IKAH sekaligus Wakil Gubernur Sumbar Bapak H Nasrul Abit,”ujar Ben.

Nasrul Abit mengapresiasi kepedulian dan solidaritas paguyuban kampung seperti IKAH Pessel.

“Saya bangga menjadi bagian dari IKAH ini, aksi peduli ini merupakan kegiatan sosial yang sangat bermanfaat, aksi nyata yang dapat membantu dunsanak kita yang terkena dampak covid19, karena bantuan ini diantarkan ke rumah dunsanak kita satu persatu dan diterima secara langsung bagi yang berhak. Agar disampaikan juga bahwa saat ini warga harus mematuhi anjuran pemerintah yaitu jaga jarak, pakai masker, rajin cuci tangan dan tetap di rumah saja,”ujar Nasrul Abit berpesan kepada panitia peduli di Posko IKAH Gunung Panggilun Padang.

Bantuan sembako komplit ini tahap 1 akan diserahkan pada 100 warga IKAH terdampak Covid-19 dan layak menerimanya.

“Insya Allah penyerahaan bantuan ini selesai hari ini, karena dilakukan oleh beberapa relawan, dikoordinir Pak Zulkifli, Ben Sani, ibu Yur, Sri Tirta, Rion, Helmi dan Toni Marsi,”ujar Budi Syukur sambil mengucapkan terima kasih kepada Wagub Sumbar dan semua keluarga besar IKAH yang ikut membantu baik moril dan materil terhadap aksi hari ini dan hari berikutnya. (iko)