IKASMANTRI 98-FKM Unand Gelar Seminar, Wako Padang : Siapkan SDM Berkualitas

oleh -809 views
Wako Padang Mahyeldi disambut dengan carano saat akan memasuki lokasi acara di aula SMA 3 Padang,(foto: dok)
Wako Padang Mahyeldi disambut dengan carano saat akan memasuki lokasi acara di aula SMA 3 Padang,(foto: dok)

Padang,—Di tangan anak muda dan generasi sekaranglah masa depan bangsa dititipkan. Untuk itu, perlu disiapkan generasi yang bisa bersaing di tengah persaingan global. Tak hanya kecerdasan otak, tetapi mental dan keimanan yang disiapkan.

Demikian disampaikan Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah usai membuka seminar dan pengabdian masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Andalas (Unand) bekerjasama Ikasmantri 98, di SMA 3 Padang, kemarin.

“Siapkan generasi emas untuk Indonesia cerdas, ini tentunya dengan dukungan semua pihak. Kegiatan ini salah satunya,” ujarnya.

Seminar ini merupakan bagian dari pengabdian masyarakat yang diusung dua lembaga berbeda. Kegiatan menggandeng SMA 3 Padang. Dan,  di SMA 3 Padang inilah kegiatan akan dilaksanakan. Kepala SMA 3 Padang, Ramadhansyah menyambut baik kegiatan ini.

“Kami menyambut baik kegiatan ini. Sebab, kegiatan ini sangat positif untuk menambah pengetahun para remaja ” ujar Ramadhansyah.

Sementara, Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Andalas Defriman Djafri, SKM, MKM, Ph.D yang juga alumni SMA 3 Padang tamatan 1998 ini berharap kegiatan ini bermanfaat bagi generasi muda, terutama pelajar SMA 3 Padang.

Menurutnya, masa remaja saat periode usia terjadinya pertumbuhan dan perkembangan yang pesat baik secara fisik, psikologis maupun intelektual. Sifat khas remaja mempunyai rasa keingintahuan yang besar, menyukai petualangan dan tantangan serta cenderung berani menanggung risiko atas perbuatannya tanpa didahului oleh pertimbangan yang matang.

Apabila keputusan yang diambil dalam menghadapi konflik tidak tepat, mereka akan jatuh ke dalam perilaku berisiko dan mungkin harus menanggung akibat jangka pendek dan jangka panjang dalam berbagai masalah kesehatan fisik dan psikososial.

“Alasan itulah, kami mengangkat kegiatan pengabdian masyarakat dengan tajuk “Generasi Emas untuk Indonesia Cerdas” untuk menciptakan generasi emas yang cerdas dan berkarakter,” ujar Dekan termuda di Unand didampingi Afridian Wirahadi Ahmad SE,M.Sc, Ak, CA.

Selain itu, juga akan menanam pengetahuan kesehatan reproduksi kepada siswa/i SMAN 3 Padang. Dan, pengenalan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas.

Hadir dalam pembukaan acara yang dilaksanakan 2 hari itu, Ketua Harian PB Ikasmantri Yuliarman, Camat Padang Utara, Kabag Humas Pemko Padang, Dekan FKM Unand dan Dosen, serta Lurah Gunungpangilun dan para guru.(*/rian)