Incumbent, Andre dan Sutan Riska Diharapkan Rakyat Maju Cagub 2024

oleh -143 views
Buya, Andre dan Sutan serta barisan tokoh lain jadi perbincangan publik di akar rumput jelang 2024. (dok/gusrik)

Padang — Tahap Pemilu 2024 semakin dekat, meski itu soal Pemilu legisatif dan Pilpres dan Pemilihan DPD RI namun benang merahnya juga sampai ke Pilkada serentak nasional 2024.

Khusus Sumbar tentu soal perembutan kursi Sumbar 1 (Gubernur Sumbar) makin kencang terdengar di akar rumput.

Bahkan publik berani sebut siapa sosok yang akan berebut kursi Sumbar 1 di 2024 tersebut.

Penelusuruan tim media ke berbagai selebgram dan netizen terungkap beberapa sosok yang diharapkan rakyat maju bertarung rebut kursi Gubernur Sumpar pada alek demokrasi Pilkada 2024.

“Sampai 23 Ramadhan 1443 H ini, selain Mahyeldi ada beberapa sosok yang diharapkan bertarung fairplay dengan incumbent,” ujar Anggi mahasiswa terakhir di Kampus ternama di Sumbar jelang buka puasa bersama, Kamis 24/4-2022.

Terbaru dan menjadi kode keras sebagai calon gubernur siap bertarung dengan Mahyeldi adalah Andre Rosiade dan Sutan Riska serta Genius Umar dan Eka Putra.

Andre Rosiade terus penetrasi dengan bendera Partai Gerindra dan Anggota DPR RI dari Sumnar asal Partai Gerindra. Kini Suara publik menginginkan jadi Gubernur Sumbar 2024, suara akar rumput itu pun melewati batas daerah pemilihan.

“Sukses sebagai pejuang aspirasi rakyat dan perhatian luar biasa Andre mendrop dana pusat ke Sumbar mengundang decak kagum publik Sumbar, meski belum ada declare dari Andre Anggota DPR RI maju Cagub, teriakan dan dukungan publik Andre Rosiade Gubernur Sumbar tidak bisa dianggap angin lalu oleh incumbent dan calon lain,”itu kesimpulan Tim Media saat berdiskusi ke berbagai kalangan akademisi di sumbar sejak 5-22 Ramadhan 1443 H.

Terus siapa. lagi yang menjadi jagoan publik Sumbar untuk Pilgub Sumbar 2024, ssttt ternyata deras di tataran masyarakat nama Sutan Riska Tuanku Kerajaan.

Bupati termuda dan dua periode menjadi kepala daerah di Dhamarsraya telah menjadi garansi publik mengapungkan Sutan Riska the next leaders Sumbar.

“Ya Sutan Riska di radar Pilgub, namanya ditulis arial dibold pula, Sutan Riska menjadi tokoh yang punya khans ke Pilgub Sumbar 2024,” ujar banyak pemerhati politik Sumbar, Sabtu malam kemarin di bilangan Pemuda Kota Padang.

Sutan Riska dikenal orang punya jaringan kuat ke tampuk pimpinan nasional.

Bahkan jika ditilik kebijakannya selama memimpin Dharmasraya, keturunan raja Dharmasraya ini ternyata programnya sangat Islami, ratusan masjid dibangunya tersebar di seluruh nagari di Dharmasraya selama hampir 10 tahun menjadi Bupati.

Belum lagi soal pembangunan infrastruktur entah berapa puluhan triliun rupiah sudah dana Jakarta dibawa Sutan Riska ke Dhamasraya selama periode 2015-2020 dan periode kedua 2020-2025.

Selain itu siapa lagi yang digunjingkan publik, eitsss ada banyak tokoh sebut Genius Umar, si the smart leader, ini juga masuk radar Pilgub Sumbar 2021.

Genius dinilai punya komunikasi bagus dengan pemimpin lintas daerah dan lintas pemerintahan, getol membangun dengan semangat gotong royong di Kota Pariaman dipimpinnya.

Terus suara publik juga menjagokan beberapa namo tokoh seperti Eka Putra (Bupati Tanah Datar) dan Fadly Amran, serta tokoh masyarakat yang terus viral di berbagai media sosial.

Seperti mantan Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi dan Ketua LKAAM Sumbar juga mantan Wako Padang dua periode H Fauzi Bahar.

“Irfendi saat ini di Payakumbuh dan Limapuouh Kota namanya bergeliat dan on the track. Pak Fauzi juga masuk radar apalagi tampil dengan jubah kebesaran ninik mamak serta pesan religinya sangat pas menyasar banyak umat di Sumbar,” ungkap owner 92News.id Ade Suharmansyah.

Tapi untuk menghempang. laju incumbent dua periode jadi Gubenur Sumbar, garansi kekinian banyak pendapat adalah head to head.

“Dan dari tracking kami tim media, suara publik cendrung mengerucur kepada Andre Rosiade dan Sutan Riska,” ujar Chief Data Tim Media Novrianto Ucok. (*adr)