Indah dan Ramahnya Kebun Teh Liki, Tea Walk Festival

oleh -105 views
Tea Walk Fertival, Bupati H Kahirunas tanam bibit teh di perkebunan teh Mitra Kerinci, Minggu 31/7-2022.(kampai)

Padang Aro – Dalam rangka pelaksanaan festival teh dan kopi ‘’Sarantau Sasurambi’’, ratusan warga Solok Selatan ikuti ‘’Tea Walk’’ atau jalan mengelilingi sambil menikmati keindahan dan keramahan perkebunan teh Mitra Kerinci, Minggu 31/7-2022.

Tea Walk bersama jajaran pemerintah kabupaten, Bupati, Ketua DPRD, Sekdakab, Asisten, Staf Ahli dan Kepala OPD serta Forkopimda Solok Selatan ini dilakukan setelah pelaksanaan senam bersama, yang juga merupakan agenda rutin Car Free Day (CFD) setiap minggunya.

Jalur Tea Walk telah dipersiapkan oleh perusahaan teh Mitra Kerinci, menempuh jalur sepanjang 2,8 km, juga tersedia jalur pendek dan menengah, sehingga ibu-ibu atau anak-anak dapat mengikuti jalur yang diminati.

Pemandangan hijau, udara yang segar dan mentari yang hangat menemani peserta Tea Walk, dengan hamparan kebun teh nan eksotis, pemandangan Gunung Kerinci yang perkasa ditengah cerahnya langit Sungai Lambai.

Selain menikmati kebun teh terbaik di Solok Selatan, juga menjadi wisata edukasi teh, fauna, flora dan hama atau penyakit tanaman teh.

Pemandu wisata Mitra Kerinci juga sigap memandu, menjelaskan informasi pada setiap titik yang dilewati. Informasi tersebut juga dapat diakses langsung oleh pengunjung, karena terdapat barcode yang dapat diakses melalui smartphone.

Pada Tea Walk itu Bupati Solok Selatan H Khairunas melakukan penanaman bibit teh bersama Ketua DPRD Zigo Rolanda, Kapolres Solok Selatan dan beberapa pengunjung lainnya.

Menurut Humas Mitra Kerinci, pertumbuhan bibit teh tersebut akan dipantau dan diupdate perkembangannya melalui media sosial perusahaan teh tersebut.

Menurut Bupati H Khairunas, event festival ini merupakan hiburan untuk warga Solok Selatan, dengan menjadikan tea walk sebagai sarana berwisata edukasi untuk anak-anak.

‘’Festival teh dan kopi merupakan upaya Pemkab Solok Selatan dalam menggiatkan pariwisata sehingga dapat memberikan dampak positif untuk warga Solok Selatan,”ujar H Khairunas.

Sementara itu, Direktur PT Mitra Kerinci, Arief Muhammad mengatakan, Festival Teh dan Kopi Sarantau Sasurambi bukan hanya sekedar festival, namun salah satu upaya untuk lebih memperkenalkan cara minum teh yang baik dan benar kepada masyarakat. (kampai)