Indra Catri Sosok Rendah Hati Dikagumi Masyarakat Nelayan

oleh -54 views
Indra Catri disambut hangat nelayan Mentawai karena sosok sederhana, rendah hati dan mudah berhaul dengan siapa saja, Tua Pejat Mentawai. (foto: dok/naic)

Mentawai—Cawagub Indra Catri ke Negeri Sikerei untuk menjadikan Mentawai basis suaranya demi memenangi Pilkada Sumbar 2024.

Indra Catri siang sebelum azan taei berkumandang, di Mentawai mendatangi sekelompok nelayan yang sedang melepas penat di kedai kecil dekat tempat pelelangan ikan (TPI) Tuapejat, Mentawai.

Masyarakat nelayan tak menyangka disambangi Indra Catri. Mereka menyambut calon Wakil Gubernur Sumatra Barat penetapan pleno KPU Sumbar itu dengan sumringah. Indra balik menyapa mereka. Nelayan di kedai itu tak sungkan bercengkerama dengan Indra.

Mereka menceritakan kegiatan sehari-hari penduduk setempat, yang mayoritas pelaut.
Tak lama setelah mereka berbagi cerita, pemilik kedai menawarkan makan siang kepada Indra Catri. Tanpa ragu, ia mengangguk. Setelah itu, terhidang nasi putih lengkap dengan ikan laut, sajian khas daerah pesisir.

Eri (47 tahun) nelayan setempat, mengaku belum terlalu familiar terhadap Indra Catri. Namun, setelah bertemu, ia menilai Indra Catri sebagai sosok yang ramah, rendah hati, dan santun.

“Baru sekali bertemu, Pak Indra Catri ramah dan murah senyum. Ia juga tak sungkan berbaur dengan kami,” ucapnya.

Meskipun belum kenal Indra Catri dan sebelum kedatangan Indra ke Mentawai itu, Eri mengaku sudah mendukung Nasrul Abit-Indra Catri pada Pilkada Sumbar 2020.
Jika Indra Catri terpilih nanti, Eri berharap Pemprov Sumbar memberikan perhatian lebih kepada nelayan di Mentawai. Ia menyampaikan bahwa nelayan di sana membutuhkan bantuan peralatan dan bantuan sosial lain.

“Apalagi saat pandemi korona sekarang ini, penjualan ikan tak seperti yang dulu,” ujar Eri.

Untuk menanggapi aspirasi nelayan itu, Indra Catri mengatakan bahwa nelayan dan petani merupakan salah satu prioritas dalam rencana kerjanya bersama Nasrul Abit. Berkaitan dengan perikanan, ia melihat bahwa sektor perikanan Sumbar sejauh ini belum tergarap secara maksimal.

“Di sektor ini masih ada pekerjaan rumah yang akan kami selesaikan nanti jika terpilih,” ucapnya.

Indra Catri berterima kasih kepada masyarakat dan nelayan di Tuapejat yang menyambutnya dengan baik. Ia juga mengapresiasi kuliner khas hasil laut yang nikmat sekali, apalagi disantap langsung tak jauh dari laut. (*rilis: mc-naic)