Ini Dia..Duo Perempuan Pemuncak Suara di Sumbar, Versi TE-JPS

oleh -1,092 views
oleh
1,092 views
Ini dia 14 Anggota DPR RI dari Sumatra Barat hasil Pemilu 2024, versi olah bongkar TPS dari TE-JPS, Selasa 20/2-2024. (dok/google)

Padang,— Luar biasa.. Duo Perempuan Sumbar beda Dapil dan merupakan Caleg Patahana sukses menjadi pengumpul suara terbanyak pada Pemilu 2024, Lisda Hendrajoni dan Hj Nevi Zuairina.

Penghitungan suara Pemilu 2024 untuk Pemilihan DPR RI l terus bergerak, Tim Elektoral Jaringan Pemred Sumbar (TE-JPS) kembali bongkar penghitungan suara di semua TPS di Sumbar.

Menurut Ketua Jaringan Pemred Sumbar (JPS) Adrian Tuswandi hingga 60 persen lebih TPS di Sumbar I dan 57 persen TPS di Sumbar II, Caleg DPR RI terpilih nyaris berubah.

“Nyaris, kalau siapa terpilih masih sama dengan racikan analisa TE-JPS, dua hari yang lalu, 14 kursi wakil rakyat, Caleg terpilihnya tetap, belum terjadi perubahan,”ujar Toaik biasa Adrian Tuswandi disapa banyak kalangan di Sumbar, Selasa 20/2-2024.

Mereka yang layak menduduki kursi di Senayan DPR RI dari dua Dapil di Provinsi Sumbar, hasil bongkar TPS TE-JPS yaitu:

Sumbar I:

1. Lisda Hendrajoni (NasDem)

2. Andre Rosiade (Gerindra)

3. Zigo Rolanda (Golkar)

4. Athari Gauthi Ardi (PAN)

5. Alex Indra Lukman (PDI Perjuangan)

6. H Rahmat Saleh (PKS)

7. Shadiq Pasadique (NasDem)

8. Rico Alviano (PKB)

Di Dapil Sumbar I tercatat yang fenomenal adalah Rico Alviano, PKB pecah Talua perdana antarkan Caleg nya ke Senayan DPR RI.

Lalu Zigo Rolanda, anak muda Ketua DPRD Solok Selatan, tembus Senayan kalahkan Caleg Patahana. Dan Partai NasDem pertama dalam sejarah mengantarkan. Dua Caleg nya ke Senayan DPR RI yaitu Lisda dan Shadiq.

Sedangkan Partai Demokrat berdasarkan data 60 persen lebih TPS, untuk pertama kali tidak meriah kursi ke DPR RI.

Sementara itu, untuk Sumbar II, hasil bongkar TPS TE-JPS, juga komposisi Caleg terpilih sama, yaitu:

1. Hj Nevi Zuairina (PKS)

2. Ir H Mulyadi (Demokrat)

3. Benny Utama (Golkar(

4. Asrizal Aziz (PAN)

5. Cindy Monica Salsabila (NasDem)

6. Ade Rezki Pratama

Di Dapil Sumbar II, berdasarkan olah data bongkar TPS ini, Hj Nevi meraup suara tertinggi (sementara). Partai NasDem mencatat sejarah perdana antarkan kader muda dan terbaiknya ke Senayan DPR RI, yaitu Cindy Monica Salsabila. Sedangkan langganan wakil rakyat Iqbal dari PPP, gagal menjadi Anggota DPR RI kembali.

TE JPS hanyalah analisa berdasarkan bongkar TPS. “Hasil ini bukan sebuah kepastian, itu semua sifatnya disclaimer. Karena yang menentukan Caleg terpilih adalah pleno KPU berjenjang hingga DPR RI,”ujar Adrian.

Melihat sisa TPS yang belum masuk, sangat terbuka peluang terjadi perubahan komposisi terutama di Dapil Sumbar I pada perebutan kursi kedelapan atau kursi kedua diperoleh Partai NasDem. (adr)