Ini Dia Parpol Penguasa Pemilu 2024 di Sumatra Barat

oleh -976 views
oleh
976 views
Dua Parpol penguasa Pemilu di Sumbar. (dok/google)

Padang,— Penghitungan suara tingkat provinsi Pemilu 2024 malam ini berakhir (tentatif). Dari data didapat Tim Elektoral Jaringan Pemred Sumbar (TE-JPS), dua Parpol menjadi penguasa DPRD se Sumbar.

“Dua Parpol itu Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Golkar,”ujar Ketua Jaringan Pemred Sumbar Adrian Tuswandi, Selasa 5/3-2024 kepada wartawan di Padang.

Kedua Parpol itu menjadi pimpinan DPRD se Sumbar.

“PKS jadi ketua pada 6 DPRD, termasuk DPRD Sumbar. Partai Golkar menjadi ketua di 7 DPRD Kota dan Kabupaten, hebat,”ujar Adrian Tuswandi.

Partai Golkar kembali merebut dan menang di daerah tradisionilnya seperti Tanah Datar, dan Sijunjung, sementara PKB mengejutkan yaitu menjadi Ketua DPRD di Kabupaten Pesisir Selatan.

Partai NasDem yang diyakini memperoleh kursi terbanyak  DPRD RI (3 kursi) hanya menjadi ketua DPRD Padang Panjang. PDI Perjuangan jadi ketua di DPRD Dharmasraya dan Mentawai. PAN kebagian ketua DPRD di Padang Pariaman, Kabupaten Solok dan Kota Sawahlunto.

Data SBLF MYRiset selengkapnya, PKS jadi Ketua DPRD di Sumbar, Kota Padang, Agam, Pasaman, Bukittinggi dan Pariaman.

Partai Golkar jadi Ketua DPRD di Limapuluh Kota, Pasaman Barat, Sijunjung, Solok Selatan, Tanah Datar dan Kota Payakumbuh