Ini Kerenn Bro.. Dharmasraya Menjadi Tuan Rumah Hari Lanjut Usia Nasional ke-27

oleh -145 views
oleh
145 views
Sutan Riska pimpin rapat persiapan HLUN ke-27 direncanakan dihadiri Presiden Jokowi atau Ibu Mensos RI di Dharmasraya. (minfo-dms)

“Insya Allah Presiden RI Hadir”

Dharmasraya,— Kabupaten Dharmasraya wilayah paling timur di Provinsi  Sumatra Barat, dan berada di batas provinsi Jambi, makin kerennn aja bro.

Pasalnya Kabupaten dipimpin Sutan Riska Tuanku Kerajaan itu  ditunjuk menjadi tuan rumah Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke-27, sekaligus Hari Taruna Siaga Bencana (Tagana) ke-16, pada 29 Mei 2023. Hebatnya lagi, Kementerian Sosial RI mengaku berupaya mendatangkan Presiden Joko Widodo dalam puncak kegiatan berskala nasional tersebut.

Tim Kementerian Sosial sudah melakukan peninjauan rencana pusat lokasi acara dengan mengunjungi beberapa tempat, diantaranya Sport Center, Gedung Pertemuan Umum (GPU) Pulau Punjung dan Auditorium Kantor Bupati Dharmasraya.

“Pemilihan lokasi pusat acara masih akan dibicarakan. Pihak Kemensos masih akan mengkaji lokasi mana yang paling tepat, dengan mempertimbangkan faktor-faktor pendukung kelancaran dan kenyamanan berlangsungnya acara,” ujar Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan, usai memimpin rapat persiapan kegiatan bersama Direktur Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia, Ditjen Rehabilitasi Sosial, Kemensos RI, Supomo, beberapa hari lalu.

Kata Sutan Riska masyarakat Dharmasraya kbususnya dan Sumatra Barat umumnya sangat berharap puncak HLUN ke-27 dihadiri langsung Presiden Joko Widodo.

“Pihak Kemensos RI tengah berupaya keras menghadirkan Pak Presiden Joko Widodo atau Menteri Sosial, Tri Trismaharini, karena di puncak HLUN itu Pak Jokowi atau Bu Mensos RI melakukan dialog dengan ribuan Lansia, baik secara langsung di lokasi utama, maupun secara parallel melalui teleconference di 11 kecamatan se Kabupaten Dharmasraya,”ujar Sutan Riska.

Konsep dan teknis acara masih akan berkembang, Pemkab Dharmasraya dan Kementerian Sosial kata Sutan Riska masih terus berkomunikasi secara intens untuk mematangkannya puncak HLUN ke 27.

Sutan Riska juga mengucapkan ucapan terima kasih dan apresiasi tinggi kepada Kementerian Sosial karena mempercayakan Kabupaten Dharmasraya sebagai tuan rumah kegiatan tingkat nasional. Katanya, hal ini merupakan penghargaan dan kebanggaan yang luar biasa bagi dirinya, Pemkab, maupun masyarakat Dharmasraya.

Pasalnya, selain akan disiarkan secara streaming, juga Dharmasraya bakal dikunjungi sejumlah pejabat penting, pekerja sosial, pers maupun tamu undangan lainnya, merupakan kesempatan untuk memperkenalkan Dharmasraya ke seluruh Indonesia. Apalagi jika Presiden Jokowi berkenan hadir langsung di lokasi acara.

Oleh sebab itu, Sutan Riska mengaku telah memerintahkan Sekretaris Daerah untuk mengkoordinasi seluruh jajaran di bawahnya agar melakukan upaya persiapan yang matang dengan mengerahkan segala potensi yang ada.

“Saya bersama jajaran Pemkab, dan masyarakat Dharmasraya akan berupaya semaksimal mungkin agar kegiatan tersebut sukses dan meninggalkan kesan bagi siapapun yang menyaksikan, baik secara langsung maupun secara live streaming,” ungkapnya.

Terkait kehadiran Presiden Jokowi, Sutan Riska mengkonfirmasi masih diupayakan. “Itu diungkap pihak Kemensos RI, bahkan Bu Mensos RI sudah menyampaikan surat permohonan kehadiran kepala Negara ke Kantor Sekretariat Presiden RI. Tentu kehadiran Pak Presiden merupakan energi lebih bagi kita, namun demikian kalau beliau belum memiliki waktu, tentu kehadiran Mensos Buk Risma juga merupakan kebanggaan bagi Dharmasraya,”ujar Sutan Riska. (yan)