Inilah Bundo Kanduang nan Menginspirasi Kaum Milenial

oleh -328 views
Caleg DPRD Provinsi Sumbar Zuzmiwati untuk Pemilu 2019 siap total kawal aspirasi perempuan dan kaum milenial Pasaman dan Pasaman Barat (foto: dok)

Pasaman,—Zuzmawati lebih akrab dipanggil Bunda Jus, dia sosok yang menginspirasi emak-emak dan kaum milenial di Pasaman dan Pasaman Barat.

Amanah 2014 diraih Bunda ini sebagai Anggota DPRD Sumbar, dia selalu mengedepankan aspiratif dan akomodatif untuk daerah yang diwakilkannya.

Zusmawati, putri asli Pasaman, kini bersiap untuk melanjutkan kembali amanah rakyat dengan maju sebagai Caleg DPRD Sumbar daerah pemilihan Sumbar 4 (Pasaman dan Pasaman Barat).

“DPRD Sumbar harus tetap.memiliki keterwakilan perempuan, karena menjadi wakil rakyat perempuan di lembaga DPRD, sebenarnya punya keahlian lebih dibandingkan anggota DPRD laki-laki, apalagi anggota DPRD perempuan itu seperti bundo kanduang, limpapeh rumah nan gadang, punya prinsip tabujua lalu tabuliblntang patah,”ujar Bunda Jus  Minggu 29/12 kepada awak media di Pasamab.

Apalagi soal kesamaan gender dalam politik sudah konkrit kesepakatannya di negara ini. Keterlibatan perempuan di dalam lembaga perwakilan rakyat perwakilan sangat penting sekali, menurut Research Women Party, hanya perempuan lah  yang mau fight spirite mengawal aspirasi perempuan Sumbar pada keputusan politik dan pembangunan daerah yang ramah untuk perempuan.

“Semangat kaum hawa dalam rumah tangga adalah fitrah kaum ibu. Tapi, mereka juga harus punya wakil kaum hawa agar ASPIRASI mereka pasti dapat pengawalan termasuk memperjuangkan hak-hak perempuan sendiri,”ujarnya.

Di sela-sela kesibukan di DPRD Sumbar Zusmawati Jus juga salah satu dosen di Sekolah Tinggi di pada perguruan tinggi swasta di Kota Padang, merupakan wakil rakyat perempuan yang militan fan lantang memperjuangkan aspirasi gender.

Menjadi wakil rakyat dan kini kembali maju Caleg menurut Bunda Jus karena perjuangan pengabdian untuk Pasaman dan Pasaman Barat belum  100 persen tuntas.

Bunda Jus mengatakan salah memilih maka semakin jauh harapan kesetaraan perempuan di pentas poitik provinsi.

“Saya all out di periode sekarang karena punya prinsip yaitu, merdeka bertindak profesional dan berani bersuara untuk kepentingan masyarakat luas,”ujarnya.

Menuju Pemilu  17 April 2019, Bunda Jus mengajak semua kalangan untuk memberikan dukungan kepada perempuan.

“Dan Allhamdulillah untuk Pasaman dan Pasaman Barat, sudah ada Caleg perempuan yang kini masih berjibaku mengawal aspirasi perempuan, terpenting itu teruji, berpengalaman juga  putri asli Pasaman, yakni Zusmawati SE MM,”ujarnya tersenyum.

Bunda Zusmawati Jus berterima kasih banyak kepada seluruh elemen masyarakat, kaum perempuan, tokoh masyarakat dan kaum milenial karena kepercayaannya pada Pemilu 2014 lalu.

“Terima kasih saya dipercaya sebagai wakil di DPRD Sumbar, semoga dukungan dan pilihan sebelum ini berlanjut pada Pemilu 2019,”ujarnya.

Menurut Zusmawati Jus mengabdi di jalur politik dan menjadi seorang dosen sangat berdampak luas untuk kemajuan masyarakat. “Terkhusus perempuan dan kaum milenial di Pasmaan-Pasaman Barat saat ini,”ujarnya.(mmd)