Inilah Nominator Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Sumbar 2019

oleh -274 views
Tanti Komisioner Kelembagaan KI Sumbar sekaligus Ketua Panitia Pemeringkatan Badan Publik 2019 sampaikan hasil dua tahap penilaian, Senin 23/9 (foto: ppid-kisb)

Padang,—-Tim kerja pemeringkatan badan publik telah menyelesaikan dua tahap penilaian badan publik dalam rangka anugerah keterbukaan informasi publik.

“Sejak Sabtu dinihari penilaian telah dilakukan tim kerja dan Sabtu siang sudah diplenokan dihadiri juga oleh Kadis Kominfo Sumbar,”ujar Ketua Tim Kerja Pemeringkatan Badan Publik tahun 2019 yang juga Komisioner Membidangi Kelembagaan Tanti Endang Lestari, Senin 23/9 sebelum berangkat menuju Rakornas KI se Indonesia di Bangka Belitung.

Menurut Tanti penilaian quisioner dan penilaian web berlangsung sangat ketat di semua badan publik pada 10 kategori.

Ketua Komisi Informasi Sumbar yang meminpin pleno penetapan nominator anugerah keterbukaan informasi publik 2019, meyakini hasil dua tahap penilaian sangat kredibel dan dapat dipertanggungjawabkan.

“Saya yakin dan sejak awal saya percaya kepada tim kerja, pleno adalah untuk melegitimasi dari hasil penilaian sesuai panduan yang dibuat tim kerja atau panitia pemeringkatan badan publik tahun 2019,”ujar Adrian Tuswandi.

Wakil ketua KI Sumbar Nofal Wiska berharap tim kerja untuk segera menyusun teknis pelaksanaan penilaian tahap ketiga yakni visitasi.

“Saya berharap tim kerja dapat menyusun pelaksanaan visitasi seefesien dan efektif mungkin,”ujar Nofal Wiska.

Sementara Komisioner KI Arif Yumardi lebih menekankan hasil akhir dari penilaian badan publik.

“Saya melihat dua tahap penilaian ternyata nilai badan publik masih rata-rata dan persaingan menuju hari anugerah ketebukaan tingkat provinsi Sumbar bakal terjadi, visitasi menuju tiga besar, pasti nilainya kejar-kejaran,”ujar Arif.

Sementara itu Kadis Kominfo Sumbar Yeflin mengaku model pelaksanaan pemeringkatan tahun ini merupakan kerja bareng KI dengan Kominfo.

“Sehingga saya optimis kerja ini akan maksimal dan menjadi handicap untuk Sumbar informatif,”ujar Yeflin.

Tanti Endang Lestari mengatakan pelaksanaan penilaiak tahap tiga yakni visitasi diupayakan selesai pada Minggu ke tiga Oktober.

“Semoga di minggu ketiga Oktober visitasi sudah selesai dan akhir Oktober dilakukan tahapan presentasi khusus badan publik yang menembus tuga besar,”ujar Tanti.

Inilah nominator Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2019 sesuai dengan Surat Keputusan Nomor 04/KEP/KI-PSB/IX/2019 sebagai Berikut:

(rilis: dokumen/ppid-kisb-desain by riko)