Innalillahi Wainnailahi Rojiun, Guru Besar Pertanian UNAND Prof Eti Farda Husin Berpulang Kerahmatullah

oleh -137 views
Guru Besar Pertanian Unand meninggal dunia. (grp)

Padang, — Guru besar Fakultas Pertanian UNAND, Prof Dr. Ir. Eti Farda Husin, MS meninggal dunia dalam usia 69 tahun. Ahli ilmu biologi tanah ini meninggal dunia pukul 18.20 WIB hari Senin 9 Agustus 2022 di RS Djamil, Padang.

Ratusan pelayat tampak hadir di rumah duka di Komplek Unand Blok C/11 Ulu Gadut. Tampak antara lain mantan Rektor UNAND dan mantan Wagub Sumbar Prof Fachri Ahmad, Prof Hermasyah, Ketua Umum Kadin Sumbar H. Ramal Saleh, para petinggi Unand, Ketua PWI Sumbar terpilih Basril Basyar, Komisioner KI Sumbar Adrian Tuswandi, SH., Calon Ketua IJTI Sumbar Defri Mulyadi, Ketua Forum Wartawan Parlemen Sumbar Novrianto, dan banyak tokoh masyarakat.

“Terima kasih atas kehadiran Bapak dan Ibu, teman-teman wartawan, mohon maafkan Mama ya. Mama banyak bergaul baik di kampus maupun di lingkungan Komplek Unand ini,” kata Mona Sisca tersedu. Mona adalah salah satu puteri Almarhumah, yang berprofesi sebagai jurnalis.

Eti Farda Husin disholatkan di Mesjid Baitussalam Blok D Komplek UNAND Ulu Gadut. Setelah dilepas secara resmi oleh Universitas Andalas, almarhumah akan dimakamkan di Pemakaman Khusus Unand di Ulu Gadut.

Kepakaran Eti Farda Husin di bidang ilmu biologi tanah sudah malang melintang. Penelitiannya antara lain “Reklamasi Lahan Melalui Aplikasi Mikoriza dan Pupuk Organik” terkenal dan banyak dipakai secara nasional.

Eti Farda Husin lahir 28 Agustus 1953. Ia menyelesaikan S1 di Fakultas Pertanian Unand, sedangkan S2 dan S3 diselesaikan Eti Farda Husin di Universitas Padjadjaran Bandung. (adr)