Insinyur Indonesia Baralek Gadang, Muswil PII 2021

oleh -172 views
Ir Yohanes Wempi

 

Oleh: Bagindo Yohanes Wempi

(Ketua Panitia Muswil PII Sumbar)

JIKA tidak ada alang melintang, acara pembukaan Musyawarah Wilayah Perasatuan Insinyur Indonesia (PII) akan dihadiri Buya Ir. H. Mahyeldi, SP. Gubernur Sumbar. Dan penutupan nanti diminta juga Wakil Gubernur Sumbar Ir. Audy Joinaldy, S.Pt., M.Sc., M.M., IPM, ASEAN.Eng. Muswil PII Sumbar pada awal Desember 2021.

Rencana acara baralek gadang para insinyur ini akan diadakan didua tempat, untuk pembukaan dilaksanakan di isitana gubernuran Sumbar atas permintaan Buya Mahyeldi. Sedangkan acara puncak pemilihan Ketua PII, pembahasan program-progeam akan diadakan dihotel ternama milik BUMN Indonesia yaitu Hotel Truntum INN atau dahulunya dikenal dengan hotel Muaro.

Baralek gadang para insinyur ini merupakan tuntutan dari adanya UU Nomor 11 tahun 2014 yaitu perlu pembenahan Organisasi, serta keberadaan PII sangat penting kedepanya. Sehingga PII didalam menjalankan proses kaderisasi Insinyur melalui musyawarah dipastikan melahirkan pengurus yang terbaik.

Dalam sejarahnya PII telah banyak menelurkan cendekiawan-cendekiawan dan profesional-profesional yang memegang peranan penting di tanah air dalam beberapa dekade ini dan semenjak lahir Undang-Undang (UU) Nomor 11 tahun 2014 tentang Keinsinyuran, geliat insinyur makin terasa di Indonesia ini.

Insinyur dalam kerangka UU tersebut adalah sebagai payung utama kelembagaan, pembangunan menjalankan profesi keinsinyuran pada proyek-proyek infrastruktur mulai terlibat dari fase inisiasi, fase perencanaan, fase eksekusi dan monitoring dan fase project close-out.

Keinsinyuran tersebut tidak sebatas infrastruktur, tapi mencakun banyak bidang termasuk kehutanan, perikanan, Peternakan, pertanian dan lainnya. Semua dibingkai oleh persatuan keinsinyuran tersebut.

PII Sumbar sudah banyak memberikan kontribusi untuk negri ini, salah satu tim perumus undang-undang keinsinyurn yang ada sekarang merupakan kader PII Sumbar yaitu Ir. Nasirman Chan. Juga tampil secara nasional membantu Jokowi seperti Ir. Insannul Kamil, M.Eng, Ph.D. sebagai Wakil Kadin Indonesia Bidang Infrastruktur.

Maka berharap kedepan paska baralek gadang PII Sumbar akan lahir tokoh-tokoh baru yang akan membangun negeri ini, dan juga mendorong muncul kader PII Sumbar secara kontinyu dipusat. (analisa)