Irfendi Arbi Tetapkan Tujuh Prioritas Pembangunan

oleh -470 views
Bupati, Ketua TP PKK Lima Puluh Kota Monalisa Irfendi Arbi, Anggota DPRD Lima Puluh Kota, Kepala OPD, Forkopimca, tokoh masyarakat dan generasi muda. (foto: dok/hms-dsp)

Lima Puluh Kota,––Penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) 2021 Bupati Lima Puluh Kota Irfendi Arbi membuka secara resmi Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) kecamatan 2020 di Aula Kantor Camat Guguak Senin (10/2/2020).

Bupati Irfendi Arbi menjelaskan, Musrenbang ini bertujuan untuk meningkatkan dan memeratakan kesejahteraan masyarakat. Maka dari itu perlu perencanaan pembangunan daerah melalui urutan program prioritas.

“Perencanaan pembangunan tahunan Kabupaten Lima Puluh Kota yang sedang dilaksanakan adalah RKPD tahun 2021, yang merupakan RKPD tahunan terakhir RPJMD Kabupaten Lima Puluh Kota periode tahun 2016-2021 dengan visi “Terwujudnya Kabupaten Lima Puluh Kota yang sejahtera dan dinamis ‘yang mantap’ berlandaskan iman dan taqwa.”ujar Irfendi Arbi.

Irfendi membuka Musrenbang yang dihadiri DPRD, Kepala-Kepala Dinas dan OPD. Bupati Irfendi Arbi mengatakan daerah telah mewujudkan pembangunan dalam enam misi.

Satu, Meningkatkan kualitas kehidupan beragama, beradat dan berbudaya. Dua, meningkatkan taraf hidup masyarakat melalui revitalisasi perekonomian dan reformasi kelembagaan.

“Ketiga, telah meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Empat, meningkatkan tata kelola pemerintahan dan kualitas pelayanan publik. Lima, memperkuat kelembagaan nagari untuk melaksanakan pembangunan berbasis jorong. Enam, meningkatkan infrastruktur untuk percepatan pembangunan dan daerah basis perjuangan,”beber Irfendi Arbi.

Lebih lanjut, Bupati Irfendi Arbi menjelaskan rencana tahun 2021 berdasarkan hasil pengendalian dan evaluasi serta target yang akan dicapai untuk tahun 2021. Rencana itu, memuat tema “Peningkatan perekonomian dan sumber daya manusia untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Lima Puluh Kota dengan 7 Prioritas Utama pembangunan dari 11 prioritas daerah.

Ada pun 7 prioritas yang dimaksud, revolusi mental, revitalisasi pertanian menuju agroindustri, pariwisata n ekonomi kreatif, investasi dan kemudahan berusaha, penguatan ekonomi kerakyatan, akselerasi pembangunan Sumber daya manusia, serta terakhir fasilitas umum dan fasilitas sosial berwawasan lingkungan dan berkelanjutan.

Menurut Bupati Irfendi Arbi, melalui pendekatan Musrenbang RKPD di kecamatan merupakan wadah untuk musyawarah dalam pengusulan program dan kegiatan yang merupakan kewenangan daerah kabupaten berdasarkan usulan program dan kegiatan nagari.

Terakhir, Bupati Irfendi Arbi berharap program dan kegiatan yang akan diusulkan benar-benar berdasarkan hasil musyawarah dan memperhatikan kebutuhan masyarakat dengan memperhatikan prioritas serta target pembangunan daerah. (rel/Dodi Syahputra)