Irwandi Dilantik sebagai Sekda Tanah Datar, Bupati Sebut Tugas Berat Menunggu

oleh -55 views
Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi melantik Irwandi sebagai Sekretaris Daerah. (foto: fantau)

Batusangkar, — Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi melantik sekaligus mengambil sumpah jabatan Irwandi sebagai Sekretaris Daerah (Sekda), di Aula Kantor Bupati, Kamis 15/8.

Irwandi mengisi jabatan Sekda yang kosong selama hampir enam bulan yang sementara dipegang oleh Asisten Administrasi Umum, Helfy Rahmi Harun. Irwandi merupakan putra Nagari Panyalaian, Kecamatan X Koto, yang sebelumnya menjabat Sekretaris DPRD Sijunjung.

Bupati Irdinansyah menyampaikan semua persyaratan administrasi sudah dipenuhi. Atas dasar itu pelantikan tersebut bisa dilakukan karena sudah sesuai dengan prosedur dan aturan berlaku.

“Terpilihnya Irwandi sudah melalui Tim Pansel dan mengacu pada UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN, yang mengamanatkan pengisian jabatan pimpinan tinggi pratama termasuk Sekda dilakukan secara terbuka dan kompetitif,” tuturnya.

Persyaratan yang harus dipenuhi, jelas Irdinansyah, yakni syarat kompetensi, kualifikasi, kepangkatan, pendidikan, pelatihan, rekam jejak jabatan dan beberapa persyaratan lainnya.

“Tugas Sekda adalah membantu pimpinan daerah yakni bupati dan wakil bupati dalam penyusunan kebijakan dan pengkoordinasian administratif terhadap kebijakan pelaksanaan tugas perangkat daerah dan pelayanan administratif lainnya,” katanya.

Ia menekankan tugas berat sudah menunggu, untuk itu diharapkan mampu mempertahankan dan meningkatkan prestasi yang telah diperoleh dalam tiga tahun ini baik prestasi tingkat provinsi ataupun nasional seperti Kabupaten Terbaik dalam perencanaan pembangunan, WTP 7 kali berturut-turut, Juara MTQ Tingkat Sumbar dan banyak prestasi lainnya.

Pelantikan Sekda ini juga disaksikan Asisten Administrasi Umum Setdaprov Sumbar Nasir Ahmad, Bupati Sijunjung Yuswir Arifin, Ketua Sementara DPRD Tanah Datar Jonnedi, Dandim 0307 Tanah Datar Letkol Inf. Edi Sugianto Harahap, Kapolres AKBP Bayuaji Yudha Prajas, CEO Emersia Hotel Merry Warti, para asisten, pimpinan OPD, Camat dan Walinagari. (fantau)