Jaga Kesatuan Etnis, Zulkenedi Said Serahkan Bantuan Sanggar Seni Karawitan Madyo Laras Luhak Nan Duo

oleh -100 views
oleh
100 views

Pasaman — Anggota DPRD Sumatera Barat, Zulkenedi Said komit memberikan perhatian untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan etnis yang ada di Pasaman Barat. Pada tahun 2022 hingga 2023, melalui berbagai kegiatan seni dan budaya peningkatan kapasitas masyarakat terus digiatkan.

“Semangat persatuan dan kesatuan masyarakat Pasaman Barat berbagai etnis khususnya tiga suku yang dominan yakni Minang, Mandailing dan Jawa yang hidup berdampingan secara damai bisa terjaga dengan baik, salah satunya melalui semangat implementasi budaya anak nagari dari masing-masing etnis tersebut sepanjang tahun 2023 dan 2024 saya fasilitasi melalui alokasi dana Pokir saya,” kata Ketua Komisi IV DPRD Sumbar, Zulkenedi Said kepada media ini, Selasa (7/3/2023).

Zulkenedi Said saat melakukan fasilitasi kegiatan seni dan budaya di Pasaman Barat langsung hadir dan membaur dengan masyarakat pad pembukaan kegiatan Pentas Seni Anak Nagari di Simpang Empat Pasaman Barat, Sabtu (4/3/2023). Motivasi yang diberikan pemberian bantuan kepada Sanggar Seni Karawitan Madyo Laras Nagari Pujorahayu Kecamatan Luhak Nan Duo.

“Kami bersama Pejabat Dinas Kebudayaan Provinsi Sumbar, Dinas Parawisata Pasaman Barat, Pj. Walinagari Pujorahayu, Kepala Jorong Pujorahayu, Pemuka masyarakat setempat menonton bersama penampilan Seni Wayang Kulit dari warga Pasaman Barat Etnis Jawa di Nagari Pujorahayu menyaksikan langsung pada akhir pekan lalu, sungguh luar biasa penampilan wayang kulit ini dan kami merasa sangat terhibur,” kata Zulkenedi Said, anggota DPRD Dapil IV Sumbar ini.

Zulkenedi Said mengatakan penyerahan bantuan kepada Sanggar Seni Karawitan Madyo Laras menindaklanjuti program pembinaan pada tahun 2022 lalu, dimana pada tahun 2022 hal yang sama sudah dilakukan melalui Pentas Seni Anak Nagari di Simpang Empat Pasaman Barat.

Sementara Pj Walinagari Pujo Rahayu mengatakan, akan terus menyemangati kegiata seni dan budaya terkait pelestarian wayang kulit yang menjadi hiburang masyarakat dikenegariannya.

“Terimakasih kepada Bapak Zulkenedi Said yang konsinsten memberikan perhatian dan pembinaanya kepada masyarakat Kenagarian yang saya pimpin khususnya dan Pasaman Barat umumnya,” ujarnya. (Ag)