Jalan Tani untuk Kemandirian Pangan

oleh -47 views
Reses, Hj Nevi sserahkan bantuan jalan tani dan alat pertanian dari BUMN dan Kementan ke Dapil Sumbar II. (dok)

Pasaman– Reses bagi wakil rakyat adalah ajang melapir kepada eakyat yang diwakili, sekaligus menyerap aspirasi konstituen.

Anggota DPR RI Sumbar II Hj Nevi Zuairina pada masa reses persidangan II tahun 2021-2022 beraksi nyata di Dapil-nya.

Hj. Nevi Zuairina, menemui beberapa kelompok tani di Kota Pariaman dan Kabupaten Pasaman untuk memberikan berbagai bantuan mulai dari bantuan jalan tani, Unit Pengelolaan Pupuk Organik hingga alat mesin pertanian besar berupa Combain Havester.

“Allhamdulillah bantuan ini tidak dari duit saya, tapi ini adalah perjuangan dari aspuraai petani yang saya ssbagai wakil.bapak ibu petani, menyuarakan dam menggedor pemerintah untuk membantu,” ujar Hj Nevi saat menyaksikan penyerahan bantuan tersebut.

Kata Hj Nevi bantuan jakan tani dan alat pertanian adalah untuk kesejahteraani masyarakat tanu.

“Bantuan ini berasal dari pemerintah dengan lembaga berbeda-beda, baik dari BUMN maupun Kementerian Pertanian. Semua bantuan diperuntukan untuk kelompok-kelompok tani di Sumbar. Bantuan yang disalurkan pada kesempatan ini dialokasikan pada daerah Pasaman dan kota pariaman,”ujar Hj Nevi.

Legislator PKS ini bertugas di VI DPR menjelaskan, berbagai upaya penguatan lembaga petani di tingkat desa dengan adanya jalan tani yang baik, penyiapan pupuk yang baik melalui UPPO dan teknologi mesin combain havester akan secara harmonis akan mempercepat tujuan terwujudnya kemandirian pangan di daerah-daerah.

Anggota DPR RI asal Sumbar ini mengatakan, ketika daerah-daerah dapat memenuhi kebutuhannya sendiri akan pangan, maka secara nasional akan meringankan pemerintah dalam mewujudkan ketahanan pangan bahkan kedaulatan pangan.

Politisi nasional PKS ini juga menerangkan, bahwa akses-akses bantuan dari pusat dapat di optimalkan.

Namun demikian, para penerima bantuan mesti menggunakan semua fasilitas yang diberikan kepada kelompok tani dapat benar-benar di optimalkan sehingga tujuan kemandirian pangan dapat tercapai.

Selain itu, bantuan-bantuan ini ditujukan pada kelompok tani yang terdiri dari beberapa anggota dimana anggota kelompok mesti dapat mendapat hak dan kewajiban yang sama atas bantuan ini.

“Saya berharap, para kelompok tani ini dapat semakin maju usahanya dan dapat optimal dalam memanfaatkan segala fasilitas yang ada. Dengan kekompakan para anggota kelompok, kedepannya, inovasi dan kreativitas dalam mengembangkan pertanian pangan diharapkan akan mampu menggerakkan perekonomian pedesaan yang akhirnya meningkatkan pendapatan asli daerah di tingkat kabupaten kota,”ujar Hj Nevi Zuairina.(adr)

 

 

 

 

 

 

 

Hj. Nevi Zuairina

Anggota DPR RI Komisi VI FPKS

Daerah Pemilihan Sumatera Barat II

www.nevizuairina.id

===============================

fb : Nevi Zuairina

IG : nevizuairina

Twitter : NZuairina

Youtube : https://www.youtube.com/channel/UCuimXxQ-dQtGFMfNuQmyf5Q