Jalan Tembus Talang Maua-Mahek, Ini Kata Anggota DPR RI dari PPP

oleh -37 views
Anggota DPR RI M Iqbal. turun ke Mungka. tampung aspirasi Talang Maua dan Mahek. soal jalan tembus, Sabtu 6/8-2022. (han)

Limapuluh Kota — Anggota DPR-RI, fraksi PPP, Muhammad Iqbal turun ke Nagari Talang Maua, Kecamatan Mungka, Limapuluh Kota dalam rangka silaturrahmi dan menampung aspirasi masyarakat setempat di Lapangan Bola Jorong Talang. pada Sabtu 6/8-2022.

Kehadiran Anggota DPR RI Komisi I itu mendapat sambutan hangat dari masyarakat setempat. Pada kesempatan itu, M. Iqbal menerima sejumlah keluhan dan aspirasi masyarakat di antaranya terkait kelanjutan ruas jalan yang menghubungkan Nagari Talang Maua dan Nagari Maek, jaringan internet di dua nagari dan bantuan untuk masyarakat kurang mampu.

Anak tokoh nasional Bachtiar Chamsyah tersebut menjelaskan jalan tersebut merupakan kegiatan fisik yang masuk dalam program TNI Manunggal Membangun Desa/Nagari (TMMD/N) ke-111 tahun 2021 Kodim 0306/50 Kota.

“Pertahanan dalam hal ini TNI adalah memang mitra kerja kita di Komisi I, namun dalam program ini kita perlu juga berkolaborasi dengan Komisi V DPR RI, Kita akan memperjuangkannya namun tetap perlu anggaran pendampingan dari Pemkab Limapuluh Kota,” ujar M Iqbal menjawab desakan aspirasi warga di sana.

M. Iqbal juga mengucapkan selamat kepada Wali Nagari terpilih pada Pilwanag serentak Kemarin.

“Lanjutkan program yang baik dari wali nagari sebelumnya dan tingkatkan partisipasi masyarakat dalam membangun nagari sehingga tetap terjaga keharmonisan ditengah masyarakat,” ujarnya.

Wali Nagari Talang Maua, Syukri Hamdani berterimakasih sekali atas kehadiran M. Iqbal di nagarinya karena dia bersama masyarakat menaruh harapan besar kepada M. Iqbal untuk tuntaskan ruas Jalan Talang Maua-Maek segera.

“Saat ini, masyarakat Talang -Maur memiliki keinginan agar akses jalan antara Talang Maur-Maek bisa terhubung sebab jalan yang menghubungkan kedua nagari saat ini masih terhambat oleh perbukitan yang belum bisa dilewati kendaraan. Untuk itu besar harapan kami agar jalan tersebut, bisa terealisasi,” ungkap Syukri Hamdani dihadapan anggota DPR RI tiga periode tersebut.

Hal yang sama juga disampaikan Wali Nagari Maek, E .Dt. Patiah. bahwa selain Nagari Talang Maua, jalan tembus tersebut juga memiliki manfaat yang sangat besar bagi Nagari Maek.

“Kami juga menginginkan hal yang serupa bahwa kami masyarakat Maek juga menginginkan agar jalan tembus Talang-Maur Ke Nagari Maek juga bisa segera terealisasi. Selain karena Nagari Talang-Maur dan Maek memiliki akar sosial budaya yang sama, Maek juga memiliki potensi pertanian dan pariwisata yang apabila jalan tersebut dibuka akan sangat membantu peningkatan sektor tersebut,” jelasnya.

Lanjutnya jika jalan ini terhubung maka banyak manfaat yang dapat dirasakan oleh masyarakat. Jarak dan waktu antara Talang Maur – Maek bisa ditempuh lebih cepat lagi sehingga jalur distribusi pertanian lebih murah dan cepat.

Pada kesempatan itu, tokoh masyarakat setempat Drh. Harmen menyampaikan jalan tembus tersebut hanya terhalang oleh bukit dan sedikit curam dengan jarak hanya tinggal sekitar 800 meter lagi.

“Kerinduan untuk menyambung jalan itu sudah berpuluh-puluh tahun, sentuhannya tinggal sedikit lagi, kita berharap pak Iqbal membawa persaoalan ini ke tingkat pusat,” jelasnya.

Tenaga Ahli M. Iqbal, Chairil Chan pada kesempatan itu juga menyempatkan meninjau sejumlah rumah warga yang tidak layak huni untuk diperjuangkannya bersama M. Iqbal.

Kemudian Ketua DPC PPP Limapuluh Kota, Ermizal Jalinus juga membantu masyarakat kurang mampu sebesar Rp1.5 juta dan dari pribadi M. Iqbal sebanyak Rp1 juta.

Hadir dalam silaturrahmi tersebut diantaranya Anggota DPRD Limapuluh Kota H. Ermizal Jalinus, Wali Nagari Talang Maur, Wali Nagari Maek, Wali Nagari Persiapan Koto Tinggi Maek, Bamus, Niniak Mamak, Cadiak Pandai, Bundo Kanduang dan Tokoh Masyarakat setempat. (han)