Jasman Rizal Terima Penghargaan Apresiasi PWI Sumbar

oleh -38 views
Kadis Kominfotik Sumbar Jasman Rizal bersama pengurus PWI saat terima penghargaan dari PWI Sumbar, Rabu (2/3/22)

Padang–Menyusul puncak penyelenggaraan Hari Pers Nasional (HPN) pada 22 Februari lalu, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumbar, Heranof Firdaus menyambangi Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi Sumatera Barat untuk menyerahkan penghargaan bagi Kadis Kominfotik Sumbar, Jasman Rizal, Rabu (2/3).

Menyambut dengan hangat kedatangan Ketua PWI beserta jajaran, Jasman mengaku merasa terhormat dan menyampaikan apresiasinya atas penghargaan yang diberikan. Dikatakan Jasman, meski merasa belum mampu berbuat banyak, tapi apresiasi tersebut adalah motivasi baginya untuk semakin berkiprah bagi rekan-rekan wartawan dan media massa.

“Saya ucapkan terimakasih pada PWI, sejujurnya Saya merasa belum pantas dan belum mampu berbuat banyak, tapi penghargaan ini adalah motivasi bagi saya untuk berkiprah lebih baik lagi untuk teman-teman media,” tutur Jasman.

Selain itu, Jasman juga menyampaikan harapan gubernur dan wakil gubernur untuk mendorong Sumatera Barat menjadi provinsi jurnalistik melalui kritik-kritik membangun yang tajam, tapi disampaikan dengan bahasa santun oleh media.

“Seperti yang disampaikan Pak gubernur dan wakil gubernur, Sumatera Barat ini kan kampung kelahiran Rohana Kudus dan Adi Negoro, dua tokoh pelopor jurnalistik tanah air. Tokoh-tokoh dan wartawan senior yang hebat asal Sumbar juga banyak, Saya rasa ini adalah modal untuk menjadikan provinsi kita sebagai pedoman literasi jurnalistik yang baik,” Jasman menerangkan.

“Saya pribadi juga berharap Pemprov dapat terus menjalin Komunikasi yang semakin intense dengan media, formal maupun informal. Pemerintah butuh kemitraan dengan wartawan dan media, bagaimana pun media adalah mata dan telinga bagi pemerintah,” lanjutnya lagi.

Sementara itu, Heranof Firdaus mengatakan, apresiasi diberikan PWI Sumbar kepada tokoh-tokoh yang telah membuktikan kontribusinya di dunia jurnalistik dan kewartawanan.

“Kami tau tokoh-tokoh tersebut, termasuk Pak Jasman tentu berbuat tanpa mengharap penghargaan, tapi kami anggap apresiasi ini layak karena cita-cita beliau yang baik dan tulus, yang tentu juga sudah ia buktikan dengan kontribusinya selama ini,” ujar Heranof.

Lebih lanjut mengenai gagasan provinsi jurnalistik yang diungkapkan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar, ia menyambut positif menyampaikan dukungan terhadap hal tersebut. Menurut Heranof dengan telah ditetapkannya Rohana Kudus sebagai pahlawan nasional, maka upaya untuk mewujudkan Rohana Kudus Award sebagai salah satu event yang menandai Sumbar sebagai provinsi pedoman jurnalistik di tingkat nasional semakin terbuka lebar. (ril./diskominfotif/smbr)