Jelang Even Keren VBWS 2023, Ketua IATTA Sumbar Minta Ubah Mindset Wisata Lokal

oleh -92 views

Tribun Sumbar--Setelah penetapan pilar batas paling selatan Sumatera Barat, pulau Beriloga Sabeu di Kepulauan mentawai , Senin 21 Februari 2022 yang merupakan rangkaian kegiatan persiapan Visit Beauty West Sumatera (VBWS) 2023

Zuhrizul, Ketua DPD Indonesia Adventure Travel and Trade Assosiasion (IATTA) mengungkapkan awal tahun ini menyiapkan dan menggali destinasi serta potemsi wisata termasuk SDM dan gerakan sumbar bersih sehingga pada tahun 2023 bisa terealisasi moment puncak tahun kunjungan wisata Szmbar.

Selanjutnya Zuhrizul atau panggilan akrab awak media Maetek menambahkan akan ada beberapa even yang coba kita usulkan 2023 dalam rangka VBWSY 2023 dengan asumsi covid.19 habis yaitu:
1. International fun Fly maninjau
2. Minang Geopark ciclyng menelusuri patahan sumatera dg 5 danau
3 Ekspedisi Jetsky padang – siberut – sikakap ( termasuk susur taman mangrove mentawai dg jetsky )
4. Minang Geopark run
5. West Sumatera Seven Summit ( pendakian 7 gunung di sumbar )
6. HICFES ( Harau IbternationalClimbing Festifal / panjat tebing harau )
7. International Rafting Festifal Silokek
8. West sumatera Fun Diving Festifal
8. SUMBAR RUN CAK
10. SERIES KEJUARAAN DUNIA SURFING
11. CAVING explore Sumbar

Zuhrizul yang juga pemilik lawang park ini berharap kedepannya mindset even wisata sumbar harus dirubah, even lokal tidak hanya ditargetkan untuk kunjungan lokal saja tetapi untuk kunjungan wisatawan mancanegara juga.

Senada dengan hal itu penggiat wisata senior sumbar Yulnofrins Napilus mengungkapkan.

“Sejak belasan tahun lalu sudah sering kita coba sampaikan. Jangan bikin destinasi dengan target hanya ramai oleh orang lokal saja. Bikin water boom, itu hanya orang lokal yang akan datang, namun incomenya tidak sepadan, jadi kalau bisa wisatawan mancanegara bisa antusias datang ke mentawai dengan target yang lebih besar,”ujar Metek Rimau panggilan top lain M.Zuhrizul. (monsis)