Jelang Pileg KPU Sumbar Lakukan Penataan Arsip

oleh -651 views
oleh
651 views
Penataan Arsip Pemuli mendesak dilakukan KPU Sumbar, simulasi arsip, Kamis 15/6 di aula KPU Sumbar.

*Arsip Pemilu KPU Sumbar Belum Tertata*

Penataan Arsip Pemuli mendesak dilakukan KPU Sumbar, simulasi arsip, Kamis 15/6 di aula KPU Sumbar.

Padang,—Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Barat didatang Dinas Kearsipan dan Perputakaan Provinsi Sumatera Barat. Instansi berwenang soal kearsipan dokumen pemerintahan ini melakukan dalam simulasi Penataan Arsip Pemilu aktiv dan Inaktiv, Kamis 15/6 di aula KPU Sumbar.

Menurut Plt Kabag Program, Data , Organisasi dan SDM Wandrizen saat sambutanya  mengakui kalau KPU Sumbar merasa sangat terbantu adanya simulasi kearsipan yang dilakukan oleh lenbaga yang berwenang untuk soal dokumen yakni  Dinas Kearsipan dan Perpustkaan.

“Pengelolaan arsip Pemilu ini sangat penting karena data dari Pemilu ke Pemilu bisa menjadi rujukan baik bagi KPU maupun peserta Pemilu sendiri dalam menyusun program dan menelurkan kebijakan,”ujarnya.

Dari simulasi ini tentu kata Wandrizen KPU kedepan ardip dokemen tertata rapi dan tertata dengan pola Penataan Arsip Inativ.

“KPU Sumbar juga kedepannya akan berikan pelatihan dan bimbingan teknis untuk KPU Kab/Kota se Sumatera Barat agar bisa juga menerapkan tata cara pengelolaan arsip Pemilu yang sesuai standarisasi kearsipan,” ujar Wandrizen.

Kasi Arsip Dinamis, Yeni Fitria mengaharapkan setelah simulasi pengelolaan dan penataan arsip Aktiv dan inaktiv agar KPU Sumatera Barat bisa menerapkan untuk KPU kab/Kota se Sumatera Barat.

“Selama ini Arsip KPU Provinsi dan Kab/kota masih banyak yang belum terkelola dan tertata dengan baik serta belum sesuai standar untuk penyimpanannya” ujar Yenii.(romel)