Kadis PMD Sumbar: ‘Ayo Bangkitkan Ekonomi’ di Nagari Talu

oleh -537 views
Syafrizal Ucok gelorakan ayo bangkitkan ekonomi kepada perangkat dan tokoh Nagari Talu, Jumat 20/12 di Padang. (foto: ayh)

Padang,—Seluruh elemen masyarakat di Nagari Talu, Kabupaten Pasaman Barat, berkumpul di Hotel Axana Kota Padang selama dua hari, 19-20 Desember 2019. Mereka mengangkat acara “Pelatihan KAN Talu”.

Selain mengevaluasi kerja KAN dan menyusun program kedepan, peserta “Pelatihan KAN Talu” ini juga menerima motivasi dari sejumlah pejabat provinsi.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Sumbar Drs. H. Syafrizal, MM. yang tampil memberikan motivasi, Kamis (19/12) malam menyampaikan perlunya menyiapkan program pemberdayaan dan Bumnag sebagai penggerak perekonomian di nagari.

“Jangan terlena dengan Dana Desa yang sekarang mengucur, kalau tiba-tiba dihentikan karena program lain atau ketiadaan dana pemerintah bagaimana? Karenanya nagari dengan Dana Desa ini harus kreatif melakukan terobosan ekonomi nagari dan harus siap usaha yang dapat menghasilkan pendapatan asli nagari,”ujar Syafrizal, mantan Wakil Bupati Pessel ini.

Menurut Syafrizal Ucok ini, sejak pengucuran Dana Desa tahun 2015, maka masing masing nagari telah dapat melaksanakan pembangunan infrastruktur yang diperlukan, seperti jalan desa, irigasi, kantor pemuda, balai desa, jembatan dan lain lain. Bahkan ada nagari yang mampu membangun embung dan gedung pertemuan.

Hebat nagari dengan Dana Desa, pembangunan mereka yang merencanakan, mereka yang melaksanakan dan mereka pula yang melakukan evaluasi.

Setelah lima tahun, mari gunakan Dana Desa untuk pemberdayaan masyarakat dan menggerakkan perekonomian. Salah satunya kini yang sedang sexy adalah menggerakkan Bumnag (Badan Usaha Milik Nagari). Kucurkan Bumnag dengan modal dari Dana Desa, dan lakukan usaha sesuai potensi nagari.Sekarang sudah ada nagari yang fokus dengan kebun jagung, ada kebun pokat, ada kerajinan dan oleh2. Ini yang menggerakkan Bumnag, bahkan sudah ada Bumnag yang mengekspor hasil bumi dengan modal miliaran rupiah.

“Saya minta Bumnag Nagari Talu harus segera bergerak untuk menggerakkan ekonomi masyarakat,” kata Syafrizal Ucok bersemangat.

Acara Pelatihan KAN Nagari Talu Pasaman Barat ini diikuti 70 orang yang terdiri dari Pengurus KAN, Perangkat Nagari, Pemuda dan Karang Taruna, Bamus, Kepala Jorong dan Bundo Kandung. Acara dibuka oleh Staf Ahli Bupati Pasaman Barat Drs. Marimus, MM dan sambutan dari Tuanku Bosa XIV Fadlan Maalip.

Wali Nagari Talu Sudro Hakimi mengaku sangat berterima kasih atas pencerahan dari Kadis PMD Syafrizal Ucok.

” Insya Allah tahun 2020 Nagari Talu akan bangkit dengan program program pembangunan dan ekonomi,” kata Sudro Hakimi. (*rilis: pmd/ayh)