Kapolda Sumbar Irjen Fakhrizal Diganti

oleh -226 views
Kapolda Sumbar Fakhrizal saat kunker ke Mentawai di kerumini anak-anak (foto: dok)

Jakarta,— Kapolri Jenderal Idham Azis mengganti sejumlah Kapolda di Indonesia. Kapolda Sumbar Irjen Pol. Fakhrizal mendapat promosi menjadi analis kebijakan utama Bidang Sabhara Baharkam Polri.Posisi Kapolda Sumbar bakal diisi Irjen Toni Harmanto.

Jabatan Analis Kebijakan Utama Baharkam Polri juga ditempati Komjen Firli Bahuri yang saat ini menjabat Kabareskrim Mabes Polri. Jabatan ini diberikan menjelang pelantikan Komjen Firli sebagai Ketua KPK.

Hal tersebut diketahui dari Surat Telegram Kapolri nomor ST/3229/XII/KEP./2019 tertanggal Jumat (6/12/2019).

Selain kapolda Sumbar, Kapolri juga mengganti Kapolda Sumatera Utara (Sumut) Irjen Agus Andrianto yang mendapat tugas baru sebagai Kabaharkam Polri.

Posisi Agus di Sumut bakal diisi oleh Irjen Martuani Sormin. Martuani sebelumnya menjabat sebagai Asops Kapolri.

Selanjutnya, Kapolda Sulteng Irjen Lukman Wahyu Hariyanto dimutasi ke Baharkam Polri. Posisi Kapolda Sulteng bakal diisi oleh Brigjen Syafril Nursal.

Kapolri Jenderal Idham Azis juga mengganti Kapolda Papua Barat yang saat ini dijabat Brigjen Herry Rudolf Nahak. Herry mendapat jabatan baru sebagai Asops Kapolri.

Posisi Kapolda Papua Barat bakal diisi oleh Brigjen Tornagogo Sihoming. Dia sebelumnya menjabat sebagai Dirtipideksus Bareskrim Polri.

Berikutnya, Idham juga mengganti Kapolda DIY Irjen Ahmad Dofiri yang diberi tugas baru sebagai Aslog Kapolri. Posisi Ahmad Dofiri sebagai Kapolda DIY digantikan oleh Irjen Asep Suhendar.

“Mutasi ini adalah hal yang alami dalam organisasi Polri sebagai tour of duty dan tour of area, penyegaran, promosi dan dalam rangka performa kinerja organisasi menuju SDM unggul dan promoter,” kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Argo Yuwono.

Dalam telegram tersebut, Irjen Listyo Sigit Prabowo diangkat menjadi Kabareskrim. Dia sebelumnya menduduki posisi Kadiv Propam. Brigjen Ignatius Sigit Widiatmono akan menggantikan Irjen Listyo sebagai Kadiv Propam.(icho)