Ke UGM Genius Diundang Khusus Kemenpan RB

oleh -178 views
oleh
178 views
Beberkan pengentasan kemiskinan di Pariaman, Genius Umat (tiga dari kanan) diundang khusus Kemenpan RB RI ke UGM, Jumat 21/10-2022. (gm)

Yogyakarta, — Walikota Pariaman Genius Umar tak pernah berhenti mencuri perhatian pengambil kebijakan di pemerintahan pusat.

Jumat 21/10-2022 Genius Umar ada di Universitas Gajah Mada (UGM), ngapain Walikota kaya ide dan smart menerapkan gagasan menjadi kenyataan dan bermanfaat kepada masyarakat kota dipimpinnya?

Tidak minta diundang yang pasti, di Instagram @geniusumar terungkap, ternyata Walikota Pariaman itu diundang khusus ke UGM.

“Saya hadir di UGM atas undangan khusus dari Kemenpan RB RI, saya diminta untuk membeberkan dalam model best practice tentang penanggulangan kemiskinan di Kota Pariaman,” ujar Genius di Instagram-nya itu.

Penting Genius hadir karena Kemenpan RB RI ingin tahu A sampai Z tentang apa saja diperbuat Pariaman dalam. menekan angka kemiskinan.

“Juga akan dijadikan roh model dalam program penanggulangan kemiskinan tematik dengan cara melibatkan seluruh instansi sektoral,” ujar Genius.

Keroyokan program dengan melibatkan lintas sektoral ternyata di Pariaman sangat efektif dalam mengurangi kemiskinan di masa pandemi covid-19 ynag menyebabkan ekonomi rakyat merosot drastis.

“Kota Pariaman sangat merasakan dampak pandemi tersebut. Apalagi Pariaman kota kecil ynag memiliki APBD terbatas. Sehingga itu perlu terobosan cerdas untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terutama menanggulangi kemiskinan kota, tapi tetap tidak melabrak aturan yang berlaku di negara ini,” ujar Genius Umar.

Ternyata apa, pelan tapi pasti, bahkan terkadang berjalan kencang dari ekspektesi banyak pihak. Kuncinya kata Genius Umar adalah kolaborasi dan gotong royong OPD di Pemko dan masyarakat termasuk pemerintahan desa, itu adalah kekuatan Kota Pariaman dalam program penanggulangan kemiskinan.

“Saya sangat bangga dengan tingginya semangat partisipasi dari masyarakat Kota Pariaman. Banyak program semasa pandemi covid-19 dikerjakan dengan pola kebersamaan ini, seperti memperbaiki rumah penduduk yang tidak layak huni menjadi lebib baik, membangun atau membuka jalan baru yang membuka akses baru terhadap perekonomian dan pariwisata, Saga Saja (satu keluarga satu sarjana), pendidikan vokasi untuk warga miskin, program kesehatan gratis, sekolah wajib belajar 12 tahun gratis, dan program lainnya yang menyentuh masyarakat miskin,”ungkap Genius.

Semua itu dijelaskan Genius Umar dalam forum di UGM tadi. Apalagi di forum tersebut Genius Umar didapuk sebagai satu satu-satunya kepala daerah yang memberikan materi pada forum diskusi ini.

“Niat saya adalah apa yang saya perbuat dan saya sampaikan tadi, semoga bermanfaat untuk daerah lain di Indonesia,”ujar Genius Umar. (adr)