Kejutan Sutan Riska yang Membuat Banyak Kalangan Terkejut

oleh -155 views
Bupati Dhamasraya Sutan Riska (doc/ril)

Catatan : Budi Waluyo, Kabagor Dharmasraya.

Terus terang saya terkejut menerima pesan Kadis DPMPTSP Naldi, SSTP., M.Si yang disampaikan melalui whatsapp ke android satu satunya milik saya. Pesan jebolan STPDN Jatinangor itu berisi surat tugas bupati untuk mengikuti rangkaian kegiatan Apkasi Otononi Ekspo di Jakarta Convention Center (JCC). Padahal belum genab sebulan saya baru saja ikut studi banding ke Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah.

Setelah saya baca, ternyata bukan cuma saya yang dapat surat tugas serupa. Lalu saya memutuskan untuk berangkat ke ibukota negara guna menunaikan tugas dari orang nomor wahid di Dharmasraya. Lagi pula, saya penasaran saja soal kejutan apa yang akan dibuat pak Bupati Sutan Riska dalam ajang Apkasi Otonomi Expo. Maklum, Sutan Riska kini bukan cuma bupati biasa, sebab beliau adalah ketua umum Apkasi.

Untuk berangkat ke Jakarta saya memutuskan untuk bergabung bersama rombingan Pak Sekda H. Adlisman. Sebab di dalamnya ada Asisten Adninum pak H. Martoni dan enam sejawat saya sesama kepala bagian. Ada Kabag Pem dan Otda Asril, AP., M.Si, Kabag Perek dan SDA Supratman, S.Pd., M.Si, Kabag PBJ, Hendri Purwono Abeng, ST., M.Si, Kabag Hukum merangkap Kabag Humas Irwan, SH., MH, Kabag Kesra H. Sarbaini Chan, SE dan Kabag Umum Hendri Martatiko, S.Kom.

Saya senang menjadi bagian dari rombongan yang dipimpin pak Sekda. Tiba waktu shalat, rombongan yang terdiri empat Kendaraan roda empat itu pasti sudah berhenti di sebuah masjid untuk keperluan menunaikan ibadah shalat lima waktu dan shalat sunat. Pak Sekda selalu memimpin doa dengan khusuk. Dan sepanjang perjalanan kami selalu bersama dalam kekompakan.

Sepanjang perjalanan, kami mendiskusikan soal langkah maju apa yang akan digagas oleh bupati yang belum lama ini disebut sebut menjadi salah satu kader PDI P yang masuk bursa calon presiden pada Pilpres 2024. Dan ternyata, diskusi yang kami kembangkan dan wacana yang kami buat tidak mampu memprediksi langkah dan manuver apa yang akan dilakukan Sutan Riska di ajang Apkasi Otonomi Expo 2021. Nyatanya setelah acara pembukaan, apa yang dilakukan Sutan Riska benar benar berada di luar prediksi kami.

Anak muda yang satu ini memang kerap berbuat diluar jangkauan banyak orang. Dia selalu melakukan akselerasi untuk kemajuan bangsa. Bahkan kami yang sudah karatan di dunia birokrasi saja, masih kerap tercengan cengan dengan ide dan gagasan Sutan Riska buat kemajuan bangsa dan daerahnya.(**)