Kemendagri Harus Punya Langkah Khusus Soal Bupati Memberamo

oleh -49 views
Guspardi Gaus minta Kemendagri punya langkah khusus usai Bupati Mamberamo Tengah jadi buronan KPK RI. (dok)

Jakarta, — Bupati Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak ditetapkan sebagai buronan KPK RI, menanggapi ini Anggota Komidi II. DPR RI Guspardi Gaus desak Kemendagri punya langkah dan strategi khusus.

“Jika benar informasi Bupati Mamberamo tengah melarikan diri alias kabur ke Papua Nuigini, hal ini bukannya menyelesaikan masalah, tapi justru akan menambah masalah,”ujar Guspardi di Jakarta.

Menurutnya, harus ada kajian mendalam dan koordinasi antara Kemendagri dan Pemkab Memberamo. Tengah setempat soal keberadaan Ricky. Karena akan bepengaruh terhadap jalannya roda pemerintahan di Kabupaten Membrano Tengah yang baru dimekarkan lima tahun lalu.

Legislator asal Sumatera Barat itu pun meminta Kementerian Dalam Negeri sebagai pembina kepala daerah dapat melakukan langkah-langkah khusus terhadap jabatan bupati yang dipikul Ricky. Tentu mengacu peraturan yang berlaku, sejauh mana kewenangan Kemendagri dalam menyikapi ini

Dirinya pun menekankan bahwa roda pemerintahan harus tetap berjalan dan pelayanan kepada masyarakat jangan terhenti dengan kasus ini. Jika belum ada kejelasan, Kemendagri bisa saja menunjuk wakil bupati sebagai pelaksana tugas.

“Tapi kita enggak bisa terburu-buru, apakah Wakil Bupati yang akan mengisi jabatan yang atau menetapkan jabatan Plt dan lain sebagainya,”jelas anggota Baleg DPR RI tersebut

Sementara itu, Danni Yikwa, seorang aktivis Intelektual Mahasiswa Mamberamo Tengah menyebut bahwa terjadi insiden penutupan beberapa fasilitas publik di kabupaten tersebut. Provokator dari insiden tersebut tak lain dari pihak simpatisan Ricky Ham Pagawak.(faj)