Keminangkabauan SMP 34 Padang, Siswa Unjuk Kebolehan “Makan Bajamba”

oleh -631 views
oleh
631 views

Padang,— Dihadiri Wali Kota Padang Hendri Septa, siswa SMP N 34 Padang unjuk kebolehan saat Mulok Keminangkabauan dengan tema “Makan Bajamba”, Selasa (5/3/2024).

Hendri Septa mengapresiasi penampilan siswa saat membuka tradisi makan bajamba dengan petatah-petitih Minangkabau. Hal ini sebutnya, mengantarkan Padang menjadi kota yang tetap melestarikan bahasa ibu.

Pelestarian bahasa daerah menjadi salah satu target yang harus dicapai Balai Bahasa Provinsi Sumatra Barat.

“Keminangkabauan menjadi gagasan kita dalam kembali mengoptimalkan pelestarian bahasa daerah. Kita menjadi salah satu dari sedikit kota di Sumbar yang melakukan ini. Dengan penyampaian petatah-petitih upacara adat, berbalas pantun, berpidato Bahasa Minang,” tuturnya.

Tidak lupa ia mengapresiasi berbagai sikap yang ditunjukkan siswa sesuai dengan kaedah Minangkabau. Cara duduk siswa perempuan yang “basimpuah”, dan lelaki yang “baselo”.

Kepala SMP N 34 Padang Mimiati, menyampaikan selain melestarikan bahasa daerah, keminangkabauan akan membangun karakter siswa untuk masa depan. Sebab, pendidikan karakter saat ini sangat dibutuhkan.

“Dulu, materi keminangkabauan ini tidak ditampilkan seperti sekarang. Siswa harus merasa senang menjadi bagian melestarikan budaya dan membangun karakter di saat yang bersamaan,” tukasnya.

Kegiatan Mulok kali ini juga semakin terasa istimewa karena ikut dihadiri oleh Fitria Dewi dari Tim KKLP Pemoderenan dan Perlindungan Bahasa, serta Camat Koto Tangah Fizlan Setiawan dan Lurah Lubuk Buaya Syafrizal.