Kereen Nih, Kaper BI: Ayo Bersama Kita Canangkan Visit Minangkabau Years

oleh -261 views
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumatera Barat Wahyu Purnama A ajak pemimpin lain canangkan VISIT MINANGKABAU YEARS, Rabu 15/1 pada dialog BI dengan Jaringan Pemred Sumbar. (foto: iko)

Padang,— Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) dianugerahi Allah alam yang indah yang seharusnya memberi manfaat multy player efect pertumbuhan ekonomi pada masyarakatnya.

Karena itu, untuk memdongkrak pertumbuhan dunia pariwisata, Kepala Bank Indonesia Perwakilan Sumbar, Wahyu Purnama A menyarankan pencanangan Visit Minangkabau Years.

“Ayo bersama siapa saja pemimpin di Sumbar, kita canangkan visit minangkabau years di tingkat provinsi, lalu diikuti kabupaten kota, karena mereka juga punya objek wisata. Dengan begitu, akan dapat mendongkrak tingkat kunjungan wisatawan,” ujar Wahyu saat diskusi dengan Jaringan Pemred Sumbar, Rabu (15/1) di Kantor Bank Indonesia Perwakilan Sumbar.

Menurut Wahyu, dunia pariwisata memiliki multiplayer effect yang sangat banyak. Dengan tumbuhnya perhotelan, maka kebutuhan tenaga kerja sangat banyak. Belum lagi kebutuhan ikan, sayur mayur, buah buah dan sebagai.

“Dengan kebutuhan ini, ekonomi petani bisa tumbuh, nelayan bisa hidup dan lapangan kerja juga terbuka, belum lagi kebutuhan kuliner. sangat luar biasa,” ungkap Wahyu.

Dengan visit Minangkabau Years, lanjut Wahyu, maka para travel agen juga bisa mempersiapkan paket-paket wisata ke semua objek wisata yang ada di Sumbar. Paket-paket wisata itu dijual ke wisatawan mancanegara.

“Karena itu, perlu sinergi transpormasi khususnya di dunia pariwisata. Dengan paket paket wisata itu, maka dunia penerbangan kembali bergairah,” ungkap Wahyu.

Alam Sumbar tak kalah dengan Bali. Tapi kenapa Bali jauh lebih maju dunia pariwisatanya, menurut Wahyu, harus ada terobosan dan sinergi yang kuat antara pemerintah dengan pelaku pariwisata.

“Untuk mendongkrak pertumbuhan perekonomian Sumbar, dunia pariwisata bisa jadi andalan. Dunia pariwisata bisa jadi primadona, sekarang bagaimana bisa mengembangkannya..Bank Indonesia terus melakukan pemetaan dan mendorong pemerintah dan masyarakat untuk fokus membenahi dunia pariwisata ini,” ungkap Wahyu.

Sebelumnya Koordinator Jaringan Pemimpin Redaksi Sumbar (JPS) Heri Sugiarto memaparkan bahwa diskusi ini dilakukan dalam rangka pengayaan data dan informasi tentang perekonomian Sumbar, serta proyeksi kedepan.

“Kita dari JPS berupaya untuk memberikan kontribusi bagi pembangunan untuk kemajuan Sumbar ke depan,” kata Heri yang juga Pemred Harian Padang Ekpres.

Dengan roadshow pengumpulan bahan dan data rill yang dilakukan JPS ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bank Indonesia dan Badan Pusat Statistik (BPS), diharapkan dapat menjadi masukan bagi para tokoh yang berniat maju menjadi calon gubernur Sumbar. Setidaknya, bisa dituangkan dalam visi misinya, mau dibawa kemana Sumbar seandainya mendapat amanah memimpin Sumbar.

“Kepada para Cagub kita sampaikan. ini lho yang dibutuhkan agar Sumbar maju dan masyarakatnya sejahtera. Kita akan gali apa kebutuhan Sumbar agar bisa maju,” ujar Heri yang juga berharap dapat jadi panduan bagi masyarakat untuk menentukan Sumbar ke depan. (rilis: jps)