Keren..Gubernur Sumbar Dapat Bintang Tiga Kehormatan TNI

oleh -2,060 views
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno tengah persiapan pembaretan memperoleh pangkat bintang tiga kehormatan dari Panglima TNI, Gatot Nurmantio, Kamis 18/5 di Natuna Kepri.
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno tengah persiapan pembaretan memperoleh pangkat bintang tiga kehormatan dari Panglima TNI, Gatot Nurmantio, Kamis 18/5 di Natuna Kepri (foto : jas).

Natuna,—Ada apa hari ini di Natuna Kepri, waoo keren, ternyata Panglima TNI mengundang seluruh Gubernur untuk memberikan tanda pangkat kehormatan dengan bintang tiga.

Pelaksanaan anugerah pangkat kehormatan kepada seluruh gubernur atas perintah Panglima Tertinggi, Presiden Jokowi.

Hari ini seluruh gubernur se Indonesia menjakani pembaretan di Pantai Teluk Buton Tanjung Datuk Natuna, Kepulauan Riau. Pembaretan para gubernur ini akan dilakukan bersamaan dengan operasi latihan Pasukan Pemukul Reaksi Cepat (PPRC) TNI Tahun 2017.

“Acara yang akan digelar 19 Mei 2017 itu dihadiri Presiden Joko Widodo. Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, Senin (15/5) didampingi Kasad, Kasal, Wakasau dan Pangkostrad selaku Direktur latihan meninjau secara langsung pelaksanaan Geladi Bersih kesiapsiagaan operasi latihan PPRC,”ujar Kepala Biro Humas Pemprov Sumbar Jasman Rizal menginformasikan kepada media ini.

Sebelum menyaksikan Geladi Bersih Latihan PPRC TNI, Panglima TNI dan rombongan menggunakan Heli Super Puma TNI AU dari Pangkalan Udara (Lanud) Raden Sadjad (RSA) Natuna meninjau lokasi pembaretan para Gubernur Se-Indonesia di Pantai teluk Buton Tanjung Datuk Natuna. Kemudian Panglima TNI meninjau tempat Pasukan Pendarat Amfibi untuk melaksanakan pertempuran laut di Pantai Sengiap Natuna.

Panglima TNI juga menggunakan Kendaraan Taktis (Rantis) TNI untuk meninjau kesiapan Geladi Bersih Demonstrasi Latihan PPRC TNI tahun 2017.

Latihan PPRC ini nantinya akan melibatkan 5.900 prajurit TNI baik Penyelanggara maupun pelaku latihan yang tergabung dalam Satuan Tugas Darat (Satgasrad), Satuan Tugas Laut (Satgasla), Satuan Tugas Udara (Satgasud), Satuan Darat (Satrad) lanjutan, Satuan Manover Infanteri dan Kavaleri, Satuan Bantuan Tempur (Satbanpur) dan Satuan Bantuan Administrasi (Satbanmin)..

Mendengar dan melihat Gubernur Sumbar irwan Prayitno berbaris memakai pakaian tempur militer, banyak warga Sumbar bangga dan berdecak kagum.

“Waoo keren  Pak Irwan Prayitno hari ini dapat bintang tiga kehormatan dari Panglima,”ujar Hendra mahasiwa sebuah perguruan tinggi di Padang, saat melihat foto Irwan Prayitno berjalan bersama gubernur lain di Indonesia.

Irwan Prayitno lewat whatshap mesenger kepada Kepala Biro Humasnya menegaskan tidak ada militeristik.

“Ini bukan upaya militerisasi, tapi membangun pemikiran militer agar semua (gubernur) menitikberatkan aspek pembangunan dalam bingkai persatuan dan kesatuan NKRI,” ujar Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, disampaikan Jasman kepada media ini.

Irwan menambahkan, kemitraan antara TNI dan kepala daerah tentu sangat berguna bagi penguatan sistem keamanan. Terlebih, kepala daerah memiliki program pembangunan dan kesejahteraan rakyat.

“Sehingga sistem pertahanan kita selain fisik hard power, tapi juga deterrent sehingga negara mana pun takut,” ujarnya.

Deterrence secara harfiah kata Irwan adalah sebuah penangkisan, penolakan atau pencegahan.

“Deterrence adalah merupakan suatu strategi untuk mencegah terjadinya perang dengan cara ‘mengecilkan hati’ lawan (negara lain) yang mencoba menyerang,”ujar Irwan tengah persiapan pembaretan di Natuna.