Kesra Padang Pariaman Gelar Rakor Gebu Pafa Wujudkan Masyarakat Religius

oleh -67 views

Parit Malintang,- Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman diprakarsai Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah, selenggarakan Rapat Koordinasi (Rakor) Gerakan Seribu Penghafal Alquran (Gebu Pafa). Bertempat di Hall IKK Kantor Bupati Padang Pariaman di Paritmalintang, pada Kamis (21/07).

Rakor yang dilaksanakan selama satu hari ini, dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Padang Pariaman Rahmang. Diikuti oleh Asisten I Rudi Rahmat, Perangkat Daerah terkait, Kankemenag, Baznas, Camat, Kepala KUA, dan dua orang guru Tahfiz perkecamatan se Kabupaten Padang Pariaman.

Dalam sambutannya Wabup Rahmang menyebut bahwa Gebu PAFA merupakan upaya pencapaian visi dan misi Kepala Daerah dalam mewujudkan Padang Pariaman Religius. Dia menyatakan, masyarakat yang religius adalah ruh untuk Padang Pariaman Berjaya.

“Gbu PAFA yang telah dicetuskan tiga tahun sebelum ini bertujuan untuk melahirkan generasi emas Padang Pariaman yang cinta Al-Quran,” sebutnya.

Rahmang juga menyampaikan bahwa tahun sebelumnya Padang Pariaman telah melahirkan 973 hafizh, meningkat dari tahun sebelumnya. Dia berharap, agar terus meningkat di tahun-tahun berikutnya. Namun Rahmang menyatakan, target bisa dicapai dengan kerjasama semua pihak terutama Guru Tahfiz, Camat, Kepala Kantor Urusan Agama, termasuk orang tua di rumah serta lingkungan sekitar.

“Target tahun 2022 diharapkan melahirkan 1.100 Hafizh/Hafizah, dengan reward kepada 500 orang,” tegasnya.

Pada kesempatan itu, Rahmang berpesan agar Alquran dijadikan pegangan yang kuat sebagai pedoman kehidupan. Dia menyatakan Alquran harus menjadi pakaian hidup untuk keselamatan dunia dan akhirat.

“Mari hiasi kehidupan sehari- hari dengan Alquran, guna songsong masa depan generasi emas yg qurani,” tutupnya.

Kemudian Kabag Kesra Azwarman dalam laporannya menyebutkan, rakor ini adalah tahapan awal untuk memulai gebu pafa, setelah ini katanya peserta sudah boleh mulai mendaftar melalui website Gebupafa Padang Pariaman 973 orang, reward 328. target tahun ini 1100. yang dikasih reward 500 orang.

“Tahun 2022 merupakan tahun ketiga GEBU PAFA, mudah-mudahan bisa mencapai target maksimal,” katanya menegaskan.

Dia juga melaporkan bahwa kesuksesan Gebu PAFA di tahun sebelum adalah berkat dukungan dan kerjasama semua pihak. Untuk itu pada tahun ini, dia juga berharap dukungan dari semua pihak, termasuk para donatur, agar di tahun 2022 ini program Gebu PAFA ini dapat lebih ditingkatkan.

“Terima kasih kepada semua pihak dan para donatur, yang mendukung kegiatan Gebu PAFA ini sehingga harapan kita bersama dapat menjadikan masyarakat Padang Pariaman yang cinta kepada Alquran,” ungkapnya mengakhiri.

Setelah dibuka secara resmi, Rapat Koordinasi dilanjutkan dengan penyampaian materi dari narasumber. Lalu dilanjutkan dengan penyampaian pendapat dan saran-saran dari peserta rakor.