Ketua BP YMMY Suryadi Asmi Pimpin Tabur Bunga Bersama Mahasiwa UMMY Solok 

oleh -693 views
oleh
693 views

Sawahlunto — Ziarah ke Makam Pahlawan Nasional Mahaputra Profesor Muhammad Yamin cocok sebagai tempat untuk mengingatkan kembali para generasi muda untuk mengisi pembangunan di masa mendatang seperti diungkapkan Ketua Badan Pengurus YMMY (Yayasan Mahaputra Muhammad Yamin), Suryadi Asmi, SE, MM, saat ratusan Civitas Akademika mahasiswa baru Universitas Mahaputra Muhammad Yamin (UMMY) Solok menghadiri acara Ziarah ke makam Pahlawan Nasional Pejuang Kemerdekaan tersebut, Sabtu (13/1/2024) lalu.

Pernyataan tersebut juga mengharapkan bahwa yang berziarah ke Makam Pahlawan Nasional Mahaputra Profesor Muhammad Yamin yang berlokasi di Kecamatan Talawi, Sawahlunto, Sumatera Barat tidak hanya Civitas Akademika mahasiswa baru UMMY Solok saja tetapi hendaknya juga dikunjungi para generasi muda dari berbagai kalangan, baik pelajar maupun mahasiswa.

“Karena disamping mengenang jasa-jasa dan mendoakan beliau juga menjadi referensi, inspirasi dan motivasi generasi muda untuk mengisi pembangunan kedepan,” kata Ketua Badan Pengurus YMMY kepada wartawan media ini, Selasa (16/1).

Sebagian masyarakat mungkin hanya mengenal Ir Soekarno dan Muhammad Hatta sebagai pahlawan kemerdekaan 17 Agustus 1945. Padahal, ada banyak pahlawan lainnya yang turut berperan penting dalam perjuangan menuju proklamasi kemerdekaan.

Suryadi Asmi, yang pernah sukses sebagai Direktur Bank Nagari mengaku sangat bangga dengan penulis ikrar Sumpah Pemuda, dimana pada usia 25 tahun, Muhammad Yamin merupakan tokoh penting dalam perumusan Sumpah Pemuda.

“Beliau merupakan salah satu bapak Bangsa yang juga ikut serta dalam penyusunan UUD 1945 dengan mencetuskan 5 asas dasar negara Indonesia dalam sidang BPUPKI,” ujar Suryadi Asmi.

Ia kemudian juga membeberkan Muhammad Yamin adalah seorang pemikir sejarah, sastrawan, ahli bahasa, politisi dan ahli hukum sekaligus tokoh pergerakan nasional.

Di lokasi Makam Pahlawan Nasional Mahaputra Profesor Muhammad Yamin yang berlokasi di Kecamatan Talawi, Kota Sawahlunto, pada Sabtu (13/1) lalu kegiatan Ziarah rombongan mahasiwa baru UMMY Solok 2023/2024 dan diikuti pengurus Yayasan, Civitas Akademika UMMY lainya dan bertindak sebagai inspektur upacara Walikota Sawahlunto yang diwakili Kepala Dinas Pendidikan Kota Sawahlunto, Asril.

Kegiatan Ziarah ke Makam Pahlawan Muhammad Yamin memiliki tujuan yang besar untuk mengingatkan kepada penerus bangsa agar tidak melupakan sejarah dan menghormati jasa pahlawan dan menjadi momen motivasi bagi mahasiswa baru UMMY Solok dalam menatap masa depan yang lebih baik di masa mendatang, sekaligus memberikan semangat kepada generasi muda untuk mencintai tanah air Indonesia.

Kegiatan tabur bunga di makam pahlawan tersebut dipimpin langsung oleh Ketua Badan Pengurus YMMY, Suryadi Asmi dan turut hadir Civitas Akademika UMMY Solok lainya. (Agusmardi)