Ketua DPRD Zigo Rolanda Pimpin Rapat Paripurna Dalam Rangka Hari Jadi Solok Selatan Ke-20 Tahun

oleh -1,157 views
oleh
1,157 views

Solok Selatan– Hari ini 7 Januari 2024 Kabupaten Solok Selatan resmi berusia 20 Tahun, untuk itu kami selaku Ketua DPRD Solok Selatan membuka Rapat Paripurna ini secara resmi dan dinyatakan terbuka untuk umum,

Sejak dipisah dari Kabupaten Solok yang dilakukan secara bersamaan dengan pemisahan Kabupaten Dharmasraya dan Kabupaten Pasaman Barat, perluh untuk diketahui, Bahwa hakekat utama dari pemisahan adalah untuk meningkatkan kemandirian Solok Selatan, meningkatkan kwalitas dan merupakan kelayakan publik serta dalam rangka mengoptimalkan pengembangan Provinsi daerah untuk kesejahteraan masyarakat, hal inilah yang disampaikan Zigo Rolanda ketika membuka rapat Paripurna di Aula Gedung DPRD Solok Selatan, Minggu ( 7/1-2024)

Dalam usia yang ke 20 Tahun ini tentu kita sudah bisa mengingat dan mengukur hasil-hasil yang telah kita capai baik terhadap pembangunan, layanan publik dan penigkatan kesejahteraan masyarakat, kemudian khusus untuk hari jadi Kabupaten yang ke 20 tahun bukan hanya sekedar untuk momen peringatan hari jadi saja tetapi sekaligus hari ini adalah momen untuk mengevaluasi untuk mengukur sampai sejauh mana capaian kinerja pembangunan daerah yang telah dapat dihasilkan, Ujar,” Zigo.

Menurut Zigo, pada usia ini wajah Solok Selatan sudah jauh berbeda dengan sewaktu baru dimekarkan. Solok Selatan kini sudah tak lagi masuk dalam kelompok daerah tertinggal.

Begitu juga dengan indikator pembangunan daerah, kini dinilai sudah sama, bahkan melampaui daerah-daerah yang lebih dulu berdiri dari Kabupaten Solok Selatan.

Dari sisi ekonomi, pada 2022 lalu tercatat pertumbuhan sebesar sebesar 4,022%, angka kemiskinan ebesar 6,51%, dan tingkat pengangguran terbuka sebesar 3,71%.

Saat ini pemerintah kabupaten terus berupaya untuk meningkatkan pembangunan, baik dari segi infrastruktur juga sumber daya manusia. Upaya ini juga dinilai telah mulai memperlihatkan peningkatan dan memberikan berbagai penghargaan untuk Solok Selatan.

“Untuk itu, kami dari DPRD Kabupaten Solok Selatan sebagai reprsentasi masyarakat memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Pemerintah Kabupaten beserta jajarannya, Forkopimda, semua stakeholder dan pemangku kepentingan, serta sektor swasta yang telah bekerja sama dan saling mendukung untuk kelancaran dan kesuksesan pembangunan daerah di kabupaten ini,” ungkapnya.

Zigo menghimbau agar seluruh pihak tidak berbangga dan berpuas diri. Sebab masih banyak tugas dan pekerjaan yang harus dilakukan, untuk menjadikan Kabupaten Solok Selatan menjadi lebih baik dan masyarakatnya lebih sejahtera. (Kampai)