Ketua Forum BLK Sumbar Temui Bupati Tanah Datar, Ada Apa ya?

oleh -168 views
Febby Dt Bangso (kiri) bertemu Eka Putra (tengah) di kediaman Bupati Tanah Datar, Jumat 28/5-2021 di Batusangkar bicarakan BLK Komunitas.

Tanah Datar,— Kemarin di sela sibuknya agenda kedaerahan, Bupati Tanah Datar Eka Putra menerima kedatangan Ketua Forum BLK Sumbar H. Febby Dt Bangso (FDB), penting amat ya, ada apa Febby bertemu Eka?

 

Ups .. ternyata FDB sharing soal BLK dan bagaimana perhatian menteri tenaga terhadap BLK Komunitas.

“Kemenaker saat ini telah membangun 32 BLK Komunitas se Sumatera Barat dengan beberapa jurusan mulai ; Pemanfaatan Hasil Pertanian (Agro Industri), Automotif, Design Grafis dan Jurusan Keterampilan Lainnya, ” ujar Febby di kediaman dinas Eka Putra Indo Jalito Batusangkar.

Kehadiran BLK Komunitas kata FDB (biasa Febby disapa banyak orang di Sumbar, -red) meminta apa yg telah dilakukan kementrian tenaga kerja dapat berkolobarasi dengan pemerintah desa melalui dana desa untuk pemanfaatan BLK Komunitas dalam rangka peningkatan kapasitas ataupun untuk membangun soft skill masyarakat yang ada di nagari atau desa di Sumbar

Bupati Tanah Datar Eka Putra sambuat baik kehadiran BLK Komunitas di Sumbar karena varian skil banyak serta berbesa pula.

“Dengan bamyak pilihan skill di BLK Komunutas tentu mudah mengarahkan minat warga untuk ikut pelatihan dan sesuai kebutuhan pasar kerja, ” ujar Eka Putra.

Kehadiran BLK Komunitas Agro Industry Yayasan Bintang Sembilan Peduli Bangsa di Nagari Gurun Kecamatan Sungai Tarab, Eka berharape bisa lebih meningkatkan nilai tambah hasil pertanian dengan produk turunannya.

“Agar bisa menjadi sesuatu yang bisa memberikan manfaat lebih bagi ke para petani dan masyarakat yang akan membeli,” ujar Eka.

Bupati juga siap hadir untuk peresmian BLK Komunitas Agro Industri di Nagari Gurun yang direncanakan Juni 2021.

BLK Komunitas adalah suatu unit atau fasilitas pelatihan vokasi yang didirikan di lembaga keagamaan seperti pondok pesantren, seminari, dhammasekha, pasraman, dan komunitas lainnya.

BLK ini berfungsi untuk menyelenggarakan pelatihan kompetensi/keahlian guna memberikan keterampilan kerja kepada siswa dan komunitas masyarakat di sektiar lembaga, sesuai dengan kebutuhan dunia kerja atau mendorong untuk berwirausaha.

BLK Komunitas kata Febby Dt Bangso merupakan terobosan Presiden Joko Widodo sejak tahun 2017.

“Trobosan dimaksud pak Presiden bertujuan untuk melengkapi soft skill dan pendidikan karakter di lembaga pendidikan keagamaan dengan tambahan keterampilan atau hard skill. Dan lendirian BLK Komunitas adalah upaya meningkatkan sebaran lembaga pelatihan kerja, serta mendekatkan akses pelatihan kepada masyarakat atau komunitas, “ujar FDB.

Diharapkan kata Febby, hadirnya BLK Komunitas, maka santri dan siswa lembaga pendidikan keagamaan serta masyarakat di sekitarnya mendapatkan akses pelatihan kerja yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja lokal

Ini Tujuan Pembentukan Forum BLK Komunitas Sumatera Barat

1. Berbagi Informasi dan Pengalaman

2. Membangun Jejaring dan Kerjasama Lembaga

3.Peningkatan Kualitas, SDM Pengelolahan BLK dan Instruktur

4. Advokasi

5.Menuju BLK Mandiri

(rilis: blkkomcenter)