Ketua KPU RI Akan Resmikan RPP Sumbar

oleh -1,182 views
oleh
1,182 views
Desain Rumah Pintar Pemilu akan diresmikan Ketua KPU RI, Kamis besok. (foto: google)
Desain Rumah Pintar Pemilu akan diresmikan Ketua KPU RI, Kamis besok. (foto: google)

Padang,—Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI RI Arief Budiman akan hadiri peresmian Rumah Pintar Pemilu (RPP) di sekretariat KPU Provinsi Sumatera Barat, Kamis besok.

Peresmian RPP ini juga akan dihadiri oleh Gubenur Provinsi Sumatera Barat Irwan Prayitno dan Kapolda Sumatera Barat serta unsur Forkompinda dan beberapa undangan lainnya.

Sekretaris KPU Sumbar Firman, mengatakan Rumah Pintar Pemilu merupakan sarana edukasi publik dan pusat dokumentasi pemilu serta berfungsi sebagai museum pemilu.

“KPU RI telah membentuk Rumah Pintar Pemilu di 10 (sepuluh) Provinsi sebagai Program Percontohan (pilot project), dan sisanya pada tahun anggaran 2017, termasuk didalamnya KPU Provinsi Sumatera Barat,”ujar Firman.

Menurut Firman, RPP merupakan sebuah konsep pendidikan pemilih yang dilakukan melalui pemanfaatan ruangan suatu bangunan atau bangunan khusus untuk melakukan seluruh program dan aktifitas edukasi masyarakat tentang nilai-nilai demokrasi dan kepemiluan di Indonesia.

“Selain dengan anggaran KPU Rumah Pintar Pemilu ini juga dibantu oleh beberapa pihak di antaranya Semen Padang ,Pelindo II dan lainnya,”ujar Firman. (romel)