Khairunas Putera Solsel Pertama Jadi Tokoh Keterbukaan Informasi Publik Sumbar

oleh -208 views
H Khairunas menerima Tokoh Keterbukaan Informasi Publik (AMP) 2021 oleh Ketua KI Sumbar Nofal Wiska, Senin 6/12-2021. (dok)

SEJAK tiga kali pemberian Achievement Motivation Award (AMP) atau Tokoh Keterbukaan Informasi Publik belum pernah putera Solok Selatan meraih AMP Award 2021.

Tapi, tahun ini pada Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2021, Khairunas menerima AMP Award atau Tokoh Keterbukaan Informasi Publik 2021.

H Khairunas angkat Acievement Motivation Person 2021 disaksikan Ketua KISB Nofal Wiska. (dok)

Selain Khairunas ada 11 nama AMP 2021, antara lain Irjen Pol Teddy Minahasa Putra, Wagub Sumbar Audy Joinaldy, Wako Bukittinggi Erman Safar, Walikota Pariaman Genius Umar, Sekdako Padang Panjang Sonny BP..

H Khairunas salam semangat bersama Wabup Solsel dan Komisioner KI Sumbar Adrian Tuswandi dan Kadiskominfo Solsel, Syamsurizal, usai menerima anugerah AMP 2021 dari KI Sumbar di Bukittinggi. (dok)

Mau tak mau penghargaan ini jelas membawa kebahagiaan tersendiri bagi Khairunas dan Kabupaten Solsel. Karena dengan penghargaan yang diterima itu akan jadi cikal bakal bagi Khairunas menciptakan iklim KIP di pemkabnya.

“Yang jelas, penghargaan ini beri nilai positif bagi Solsel. Selain itu, dengan penghargaan itu merupakan buah dari saling keterbukaan informasi saya dengan wakil bupati apa yang kami kerjakan di kabupaten ini,” kata Khairunas menjawab usai terima penghargaan KI Sumbar itu, di Kota Bukittinggi, Senin 6/12-2021.

Ketua Forum wartawan Parlemen Sumbar Novrianto (kanan) dan Adrian (kiri) berdialog dengan Khairunas (Bupati Solsel) usai penyerahan AMP KISB kepada Khairunas, Senin 6/12-2021. (dok)

Khairunas mengakui, tanpa adanya keterbukaan informasi publik, maka Kabupaten Solsel tidak bisa maju.

Makanya, dengan penghargaan yang kami peroleh hari ini, ingin menjadikan momentum bagi Pemkab Solsel berubah lebih baik sama seperti kabupaten kota lainnya di Sumbar.

Komsionar KI Adrian Tuswandi salut ke Khairunas menjadi tokoh Solsel pertama terima AMP Award 2021 di Balai Sidang Bung Hatta. (dok)

Khairunas mengaku, dengan penghargaan tokoh keterbukaan informasi publik yang diraihnya, akan mentransfer kiat-kiatnya kepada semua OPD yang ada di daerahnya tentang KIP itu.

“Yang jelas, untuk kedepannya kami akan membangun sikap ikhlas, kedua sikap jujur dan ketiga membangun integritas semua OPD dan ASN di Pemkab Solsel,” tukas Khairunas.

H Khairuna Tokoh Keterbukaan Informasi Publik Sumbar 2021. (dok)

Satu yang membuat Komisi Informasi mengapresiasi Khairunas adalah soal komitmen dan ssmangat untuk terbuka informasi publik.

Bahkan pada 2021 ini Pemkab Solok Selatan masuk lima besar pertama kali sejak 2015 Monev KISB digelar.

“Kalau Solsel. masukmestinya nomor satu, tahun depan harus informatif, kepala OPD tak acuh KISB saya akan kasih sanksi,” ujar Khairunas. (adv)