KKN UNAND Kontribusi Sukseskan Livonap Pasia Laweh 2022

oleh -89 views
Grand Livonap 2022 digelar di Pasie Laweh jadi ajang promosi nahari dan pencarian bibit potensi. (dok/mhs-kkn)

Agam, — Bertempat di lapangan Volley Ball Pallbros Tusiang Palupuh, Wali Nagari Pasia Laweh Kecamatan Palupuah, Zul Arfin Datuak Parpatiah membuka Pekan Olah Raga Nagari Pasia Laweh (LIVONAP), Rabu 17/8-2022.

Liga Bola Volley Nagari Pasia Laweh Wisata Championship, menjadi event bintang lima karema diikuti para juara yang pernah berkompetisi di Kecamatan Palupuh 5 Tahun terakhir, untuk tingkat Kecamatan Palupuh yang pernah menjuarai event.

Dikesempatan ini hadir mahasiswa KKN Universitas Andalas (UNAND) 2022 yang sedang menjalankan pengabdiannya di Nagari Pasia Laweh.

Ada 25 orang mahasiswa KKN UNAND yang turut berkontribusi menyukseskan rangkaian acara yang dilaksanakan pada hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 77.

Ketua kelompok KKN Universitas Andalas Nagari Pasia Laweh, Fahmi Ariansyah Caniago berharap Grand LIVONAP ini mampu memberikan efek positif bagi Nagari Pasia Laweh dan juga mampu menjadi percontohan bagi nagari-nagari lain yang ada di Sumatera Barat maupun dari luar Sumatera Barat.

“Karema ajang ini akan lebih memperhatikan sektor bidang olahraga yang di mana dengan diselenggarakannya berbagai event olahraga ini mampu menghasilkan dampak positif, contohnya dapat ditemukannya bibit-bibit unggul yang diharapkan mampu menjadi perwakilan daerah maupun nasional pada ajang olahraga,”ujar Ariansyah, Sabtu 20/8-2022.

LIVONAP merupakan event terbesar bola volley yang diadakan oleh pemerintah Nagari Pasia Laweh. kata Wali Nagari Pasia Laweh Zul Arifin, Grand livonap adalah sebuah proses pencarian bibit potensial di nagari Pasia Laweh.

“Sekaligus sebagai event untuk memperkenalkan nagari Pasia Laweh ke dunia luar bahwa nagari ini memiliki potensi-potensi seperti pariwisata, UMKM, seni dan olahragawan serta lain lain,” ujar. Zul. Arifin.

Event Livonap ini kata Zul. Arifin selain mengenalkan nagari juga diharpkan adanya LIVONAP ini menghasilkan peradaban baru bola volley di nagari Pasia Laweh.

“Sehingga nantinya mampu menghasilkan bibit-bibit unggul dalam dunia bola volley yang nantinya mampu bersaing dengan daerah-daerah lain,” ujar Zul. Arifin. (rls/mhs-kkn)