Komisi Informasi Tetap Istiqomah Jalani Amanah

oleh -653 views
oleh
653 views
Komisi Informasi Sumbar tutup masa kerja sebelum cuti bersama dengan cara sangat sederhana, Kamis 22/6 di Kantor KI Sumbar jalan Sawo Purus V Padang.
Komisi Informasi Sumbar tutup masa kerja sebelum cuti bersama lebaran dengan buka puasa bersama sederhana, Kamis 22/6 di Kantor KI Sumbar jalan Sawo Purus V Padang.

Padang,—Sudah enam bulan berlalu Komisi Informasi (KI) Sumbar tidak beranggarkan, menurut Wakil Ketua Komisi Informasi Arfitriati solusi anggaran dana hibah.

“Sudah enam bulan meski sudah ada solusi tapi tidak serta merta ada, dana hibah masih proses di tingkat tim anggaran pemerintah daerah,”ujar Arfitriati jelang buka bersama secara sederhana KI Sumbar di kanotr jalan Sawo Purus V Padang.
Arfitriati tekankan persoalan pemahaman aturan dan ketidak-tulusan staf Kadishubkominfo Sumbar saat pengusulan anggaran dulu membuat KI Sumbar tidak punya anggaran di APBD Sumbar 2017.
“Entah dari mana pemahaman staf itu sehingga pejabat setingkat Kadis dan Tim TAPD waktu pengajuan anggaran 2017 lalu ikut pula setuju,”ujar Arfitriati didampingi Komisioner KI Sumbar lain.
Tapi adanya proses hibah berarti Pemprov sudah menyadari kekeliruan staf setingkat Eselon III tersebut.
‘Meski enam bulan tanpa anggaran kita di KI Sumbar tetap istoqomah jalankan amanah sesuai pengasan di SK Gubernur Sumbat tahun 2014 lalu,”ujar Arfitriati yang kini tengah menunggu hasil Pansel Calon anggota KI Pusat.
Selama itu kata Arfitriati, KI tetap bekerja tanpa anggaran dan tanpa sekretaris yang di SK kan oleh Gubernur Sumbar.
“Tetap, persidangan penyelesaian sengketa terus berjalan, juga memberikan advis ke badan publik dalam penguatan keterbukaan informasi publik,”ujar Arfitriati.
Bahkan kata Komisioner bidang Kelembagaan KI Sumbar, Sondri kegiatan penilaian keterbukaan informas publik badan publik 2017 juga tengah dipersiapkan.
“Agenda itu sedang kita persiapkan mulai pendataan badan publik, merode pendaftaran dan penilaian, setelah Lebaran kita jalan, bisa dengan cara simple lewat elektronik data atau secara manual, pengumumannya kita sampaikan lewat media massa habis lebaran ini,”ujar Sondri.
Berbuka sederhana KI Sumbar dihadiri kelima komisioner dan semua staff. “Prihatin iya, tapi semangat menjadikan Sumbar provinsi pioner dalam keterbukaan di Indoensia, itu harus sebagai visi dan misi, KI Sumbar,”ujar Adrian, komisooner membidangi Penyelesaian Sengketa Informask Publik. (relise)